5 Masalah yang Akan Dihadapi Pengantin Baru Di Awal Pernikahan

578 views Leave a comment
5 Masalah yang Akan Dihadapi Pengantin Baru Di Awal Pernikahan

Dailymoslem – Menjalani kehidupan rumah tangga tentu membutuhkan adaptasi dan penyesuaian diri dari kedua belah pihak. Yang tadinya menjalani hidup sendiri dan mengatur segala sesuatu sendiri, sekarang jadi harus juga ikut “mengatur” orang lain dan juga “diatur” orang lain.

Itulah yang terjadi, kita harus mau mengatur dan diatur orang lain untuk dapat berkompromi menjalani hidup berdua. Tak jarang proses penyesuaian diri tersebut justru menjadi bibit pertengkaran dengan pasangan.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada kamu, pahami lima hal berikut ini yang merupakan bibit masalah bagi pasangsan pengantin baru.

Masalah Penghasilan

Jika suami dan istri sama-sama bekerja, masalah penghasilan akan menjadi sebuah pembahasan yang cukup panjang. Uang siapa yang digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari? Uang siapa yang akan digunakan untuk membeli keperluan peralatan rumah tangga? Berapa persen pembagiannya?

Jalan paling aman untuk menyiasatinya adalah mengumpulkan semua pemasukan, kemudian baru mengatur pengeluaran, sehingga pengeluaran diambil dari pos yang sama dan hanya satu.

Soal Memberi Uang Ke Orangtua

Sebelum menikah, kita bebas menentukan berapa uang yang harus kita sisihkan untuk menyenangkan orangtua. Setelah menikah, kita harus mempertimbangkan kebutuhan kita sendiri yang mulai bertambah. Kita juga harus mendiskusikan besaran yang akan diberikan kepada orangtua dengan pasangan.

Soal Mengatur Pengeluaran

Kedua belah pihak tentu punya cara diri untuk mengeluarkan uang saat masih hidup melajang. Setelah menikah, semua pengeluaran harus atas persetujuan pasangan juga. Terkadang ada beberapa pengeluaran yang menurut yang satu penting sedangkan yang lain menganggap hal tersebut bukanlah prioritas. Berpikirlah jernih, pertimbangkan pendapat pasangan dan lakukan negosiasi dengan baik jika memang kamu merasa kebutuhan tersebut perlu.

Soal Siapa yang Lebih Dekat dengan Orangtua

Setelah menikah, ada beberapa pasangan yang memilih untuk tinggal di rumah mertua sebelum pindah ke rumah sendiri. Hal ini terkadang bisa menjadi masalah jika yang satu merasa tak adil ia harus jauh dari orangtua sementara pasangan lebih dekat dengan orangtuanya.

Masalah Kebiasaan Buruk

Setelah tinggal bersama, kita akan melihat pasangan dalam bentuknya yang terburuk. Saat  ia baru pulang kerja dan bau kauskakinya menusuk hidung, saat ia lupa memencet tombol flush di toilet, saat ia lupa menjemur handuk basah. Jangan sampai hal sepele seperti ini menjadi hal yang memicu pertengkaran. Sampaikanlah kepada pasangan dengan lembut dan contohkan apa yang kamu inginkan.

Nah, itulah 5 hal yang mungkin menjadi penyebab pertengkaran pasangan pengantin yang beru menikah. Hal-hal tersebut mungkin sangat sepele untuk dipikirkan, tapi bisa menjadi sumber masalah jika kita menyampaikannya dengan cara yang salah.

(Visited 904 times, 1 visits today)