5 Ciri Pernikahan yang Bahagia

1255 views

Dailymoslem – Setiap orang pasti memimpikan pernikahan yang bahagia, dimana suami dan istri sama-sama berbahagia dengan keadaan yang mereka jalani dalam pernikahan tersebut. Namun, tak jarang juga kita bertanya-tanya, apakah pasangan kita cukup bahagia dengan pernikahan yang telah dijalani selama ini?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sharon J. Leigh dan Janet A. Clark, disebutkan bahwa ada lima ciri yang menunjukkan bahwa sebuah pernikahan telah memberikan kebahagiaan bagi kedua belah pihak, yaitu adanya sifat positif, empati, komitmen, penerimaan, juga cinta dan hormat.

Sifat Positif

Sifat-sifat positif terlihat dari perilaku suami dan istri setiap hari, misalnya shalat berjama’ah, saling membangunkan untuk shalat malam, menyiapkan makanan untuk pasangan, atau sekedar melakukan hal kecil yang dapat meringankan beban papsangan. Agama merupakan tiang utama untuk menumbuhkan sifat positif dalam diri kedua belah pihak.

(Baca juga: Pandangan Islam Tentang Resepsi Pernikahan)

Saling Mencintai dan Menghormati

Sepasang orang yang saling mencintai dan menghormati satu sama lain tentu akan membuat pasangannya merasa bahagia berada di sisinya, membuat pasangannya merasa dirinya begitu beruntung dan berharga bisa dicintai dan dihormati sebegitu rupa. Dan, dua rasa ini harus dibangun dalam diri kedua belah pihak, agar keduanya sama-sama merasa bahagia.

Adanya Rasa Empati

Empati berarti kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, mencoba untuk memandang suatu hal dari sudut pandang orang lain, tidak hanya dari sudut pandang kita sendiri. Dengan begitu, kita akan memahami perasaan pasangan dan tidak melulu memikirkan perasaan kita sendiri.

Saling Menerima

Sifat saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing dapat menumbuhkan rasa aman dan percaya diri pada pasangan. Dengan begitu, pasangan tidak akan merasa cemburu berlebihan karena ia tahu bahwa pasangannya mencintai dirinya dan menerimanya.

(Baca juga: Makna Dibalik Mahar Seperangkat Alat Sholat dan Al-Qur’an)

Adanya Komitmen

Inilah yang menjadikan sebuah pernikahan memiliki kualitas yang tinggi, mampu menghadapi berbagai rintangan dan cobaan yang mungkin datang menghadang. Komitmen kuat yang dimiliki kedua belah pihak merupakan tiang yang menyokong pernikahan, inilah yang akan menjadikan pernikahan kita kokoh dan tidak mudah goyah oleh godaan kecil.

Nah, kira-kira ciri mana saja yang sudah kamu miliki dengan pasangan? Sudah cukup bahagiakah pernikahanmu?

(Visited 1,337 times, 1 visits today)