Terapkan 10 Hal Ini Pada Anak Agar Terhindar Dari Gaya Hidup Hedonis

119 views Leave a comment
Terapkan 10 Hal Ini Pada Anak Agar Terhindar Dari Gaya Hidup Hedonis

Dailymoslem – Gaya hidup hedonis adalah gaya hidup yang mementingkan berfoya-foya dan menghamburkan uang untuk kesenangan. Tak jarang, orang melupakan ibadah dan pendekatan kepada Tuhan jika sudah terjerumus dalam gaya hidup hedonis ini.

Yang berbahaya adalah jika anak sudah mulai menginginkan gaya hidup yang di luar kemampuan orangtuanya. Selain itu, anak juga bisa jadi semakin jauh dari Tuhan. 10 hal inilah yang perlu Anda tanamkan dalam diri anak untuk menghindari gaya hidup hedonis.

Dekatkan Diri Kepada Allah

Pertama, tanamkan keimanan dan kedekatan kepada Allah sebagai fondasi dalam diri anak. Jika sudah didasari dengan fondasi yang baik, maka anakpun akan terbiasa dengan perilaku yang baik.

Hidup Sederhana

Hidup sederhana bukan berarti sengsara. Artinya, semua kebutuhan terpenuhi tapi tidak semua keinginan bisa terpenuhi. Biasakan anak untuk memenuhi kebutuhan primer sebelum memikirkan kebutuhan sekunder yang tidak terlalu penting.

Bekerja Keras

Bukan berarti Anda meminta anak untuk bekerja membantu perekonomian keluarga, misalnya dengan meminta anak melakukan sesuatu untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Misalnya jika anak menginginkan sepatu terbaru yang sedang banyak dipakai, anak harus bekerja keras dengan menyisihkan uang jajannya.

Hindari Perilaku Konsumtif

Hal ini bisa dimulai dari diri Anda sendiri. Hindari langsung membeli sesuatu hanya karena Anda menyukai barang yang sedang dipajang di etalase. Pertimbangkan terlebih dulu segala sesuatunya sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

Jangan Selalu Menuruti Keinginannya

Inilah yang biasanya menjadi kesalahan kebanyakan orangtua. Tidak semua keinginan anak perlu kita penuhi. Selalu memenuhi keinginan anak justru akan membuat anak menjadi manja dan memiliki kesabaran yang kurang.

Selalu Bersyukur

Ajarkan anak untuk selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki, bisa juga dengan mengajak anak bersedekah agar anak melihat bahwa masih banyak anak yang tidak lebih beruntung darinya, selain itu bersedekah juga bisa mengajarkan anak untuk berbagi.

Berhati-hati Memilih Teman

Perilaku teman juga bisa memengaruhi perilaku anak, lho. Jadi, ajarkan anak untuk memilih teman yang positif dan tidak selalu mengajak kepada foya-foya dan kegiatan tak penting.

Uang dan Harta Benda Bukanlah Segalanya

Ajarkan pada anak bahwa masih ada hal lain di dunia ini yang sama pentingnya dengan uang, misalnya kebersamaan dengan keluarga atau sahabat yang selalu menemani.

Jangan Mudah Merasa Iri

Setiap anak melihat anak lain yang memiliki barang-barang yang lebih bagus dari dirinya, ajarkan anak untuk tidak merasa iri, karena setiap orang bisa merasakan kebahagiaan berdasarkan standarnya masing-masing sesuai kemampuan dirinya.

Berikan Contoh

Cara yang paling mudah dan cepat dan mudah diserap anak adalah contoh dari Anda sendiri. Berikan contoh untuk selalu hidup sederhana dan efisien. 

(Visited 637 times, 1 visits today)