Semakin Besar Berat Badan Ibu Hamil, Semakin Besar Kemungkinan Melahirkan Bayi Laki-Laki, Benarkah?

191 views Leave a comment
Semakin Besar Berat Badan Ibu Hamil, Semakin Besar Kemungkinan Melahirkan Bayi Laki-Laki, Benarkah?

Dailymoslem – Berbagai cara dilakukan orang untuk mendeteksi jenis kelamin bayi yang dikandung ibu hamil. Mulai dari bentuk bulatan perut, tingkah laku ibu hamil sampai USG 4 dimensi.

Salah satu hal yang disinyalir menjadi ciri dari jenis kelamin laki-laki adalah berat badan ibu hamil yang lebih tinggi dari berat badan ibu hamil pada umumnya. Benarkah?

Peneliti endokrinologi dari University of Georgia, Kristen J. Navara, meneliti hubungan antara berat badan ibu hamil dan jumlah kelahiran anak. Ilmuwan mempelajari 68 juta kelahiran selama lebih dari 23 tahun. Dalam penelitian tersebut didapat satu kesimpulan bahwa embrio laki-laki membutuhkan asupan kalori yang lebih tinggi selama kehamilan untuk bertahan hidup.

“Saya pikir ibu yang mengoonsumsi apapun selama hamil, akan melahirkan bayi laki-laki. Sedangkan wanita yang berat badannya hanya naik sedikit cenderung memiliki anak perempuan,” katanya, seperti dikutip Parenting, Senin (21/12/2015).

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa 49 persen perempuan yang mengalami peningkatan berat badan setidaknya 9-10 kilogram cenderung melahirkan bayi laki-laki. Selain itu, 52,2% ibu yang memiliki peningkatan berat badan sekitar 18-20 kilogram juga melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki.

“Asupan kalori yang rendah dapat menjadi faktor tak berhasilnya bayi laki-laki. Dia menunjukkan, berat badan ideal selama enam bulan pertama kehamilan adalah periode waktu kritis yang berdampak pada kelangsungan hidup janin laki-laki,” tutur Kristen.

Meski begitu, kata dia, tidak semua orang tua ingin mengetahui jenis kelamin bayi mereka. Jadi penelitian ini hanya sebagai gambaran dan setiap pasangan disarankan untuk fokus pada makanan sehat dan mendapatkan berat badan yang sehat.

(Visited 178 times, 1 visits today)