Percaya Atau Tidak, Jam Tidur Pengaruhi Kecerdasan Anak

1005 views

Dailymoslem – Telah ditemukan bahwa anak yang terbiasa dengan jam tidur yang lebih teratur memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi. Lebih dari 11.000 anak berusia 3,5 dan 7 tahun melakukan serangkaian tes yang terdiri dari kemampuan membaca, matematika dan kemapuan spasialisnya. Hal ini diberitakan oleh Huffington Post. Mereka menulis bahwa tes tersebut membuktikan bahwa rutinitas jam tidur sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak anak.

Para peneliti mengungkapkan bahwa jam tidur anak yang tidak teratur mempengaruh perkembangan anak secara keseluruhan, karena pada umumnya jam tidur yang tidak teratur menandakan adanya ketidakteraturan dalam sebuah keluarga.

Seorang anak yang tidur larut malam, cenderung menonton televisi lebih lama di malam hari. Ironisnya tayangan pada malam hari tersebut bukanlah tayangan yang sesuai untuk anak. Kemungkinan lain adalah jika anak tidur larut malam kemudian esok paginya bangun kesiangan dan melewatkan sarapan karena terlambat pergi ke sekolah.

National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa anak berusia 1-3 tahun membutuhkan waktu tidur selama 12-14 jam per hari. Sedangkan untuk yang berusia 3-5 tahun membutuhkan waktu 11-12 jam perhari. Bagi anak yang berumur 5-12 tahun waktu tidurnya yang dibutuhkannya semakin sedikit yaitu selama 10-11 jam per hari. Oleh karena itu, pastikan anak untuk tidur sesuai dengan kebutuhan waktunya.

Banyak yang mengeluh bahwa membuat anak kecil tidur merupakan hal yang sulit. Kebanyakan anak kecil hanya ingin bermain dan sepertinya tidak kenal lelah. Nah, untuk mengatasinya coab beberapa cara berikut.

  • Buat rutinitas tidur yang baik dan konsisten disetiap harinya. Misalkan anak harus tidur tepat pukul 20.00, maka hal tersebut harus secara konsisten dilakukan. Awali dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik seperti mencuci kaki, sikat gigi, memakai piyama dan bacakan dongen sebentar. Jangan lupa matikan lampu setelah anak tertidur
  • Merubah anak secara drastic adalah hal yang sia-sia. Lakukan trik sederhana, yaitu mempercepat waktu tidur dengan perlahan-lahan. Contohnya bila anak terbiasa tidur pukul 22.00 maka keesikan harinya, coba ajak anak tidur pukul 21.45 dan terus berkurang hingga mencapai waktu yang diinginkan.
  • Jangan biasakan anak untuk tidur siang terlalu lama. Buat anak lelah saat siang, sehingga pada malam hari anak tertidur dengan cepat.

Tanamkan sifat positive thingking dalam mendidik anak. Jangan biarkan anda men-judge anak sebagai seseorang yang nakal dan sulit diatur. Anak akan berubah mengikuti perubahan baik yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Selamat mencoba.

 

(Visited 795 times, 1 visits today)