Peran Ayah Dalam Mengasuh Ternyata Bisa Berdampak Baik Bagi Kepribadian Anak

144 views Leave a comment
Peran Ayah Dalam Mengasuh Ternyata Bisa Berdampak Baik Bagi Kepribadian Anak

Dailymoslem – Di masa lalu mungkin kita sering melihat pola pengasuhan yang didominasi oleh ibu, sementara Ayah hanya mencari nafkah dan memantau perkembangan anak. Namun, di zaman modern seperti sekarang sudah banyak orangtua yang memahami pentingnya peran ayah dalam pola pengasuhan.

Bukan hanya dengan ibu, anak juga perlu kedekatan emosional dengan ayah yang juga merupakan orangtua mereka, karena anak sesungguhnya membutuhkan kasih sayang dan dukungan dari kedua belah pihak.

Menurut Rini Hildayani., Msi, dosen dan psikolog dari Universitas Indonesia, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak jika ayah juga terlibat dalam pengasuhan, yaitu dapat memberikan dampak positif pada perkembangan kognitif anak, juga kemampuan sosial dan emosi anak yang cenderung lebih baik sejak usia tiga tahun.

“Ayah yang terlibat akan memiliki anak yang mempunyai toleransi lebih tinggi terhadap stres dan frustasi serta bisa mengendalikan emosi lebih baik. Anak juga akan mempunyai keyakinan diri dan merasa mampu menghadapi lebih ketika ayah terlibat,” jelas Rini pada acara talkshow Menjadi Ayah Hebat Bagi Si Kecil di Kota Kasablanka, seperti dilansir dari female.kompas.com.

Apalagi jika muncul momentum kelahiran anak kedua, di sinilah peran ayah sangat diperlukan untuk memberikan perhatian penuh pada anak yang lebih tua. Setelah melahirkan, otomatis perhatian sang ibu akan sepenuhnya tercurah pada bayi yang baru dilahirkan. Di sinilah sang ayah harus mendukung dan memberikan perhatian kepada kakaknya atau anak yang lebih tua sehingga ia mampu untuk mengembangkan perilaku sosial terhadap adiknya, seperti berbagi dan membantu adiknya.

(Visited 249 times, 1 visits today)