Mengenal Metode BLW atau Baby Led Weaning untuk Memberi MPASI

107 views Leave a comment
Mengenal Metode BLW atau Baby Led Weaning untuk Memberi MPASI

Dailymoslem – Melewati usia 6 bulan, bayi mulai mengonsumsi makanan yang lain selain ASI, atau yang dikenal sebagai makanan pendamping ASI (MPASI).

Metode makannya pun kini telah bervariasi, tak hanya bubur yang disuapkan pada bayi oleh ibunya dengan menggunakan sendok, tapi ada metode baru yang bernama BLW atau baby led weaning.

Apa itu BLW?

BLW atau baby led weaning merupakan metode yang membiarkan bayi untuk memakan makanan mereka sendiri dalam bentuk utuh. Namun, tentu saja makanan tersebut sudah diproses dengan cara dikukus atau dipanggang, sehingga sudah dalam bentuk lunak untuk dapat diproses oleh anak.

Misalnya, Bunda memberikan brokoli, maka brokoli tersebut dimasak hanya dengan dikukus dan masih dalam bentuk aslinya tanpa diiris kecil-kecil atau ditambah bahan masakan lainnya. Makanan yang dimasak untuk bayi juga biasanya tidak diberi bumbu masakan seperti garam atau penyedap rasa. Tujuannya, untuk memperkenalkan rasa dari buah-buahan, sayuran dan makanan apa saja yang diberikan pada bayi dan juga membiasakan bayi untuk tidak mengonsumsi garam terlalu banyak.

(Baca juga: Kekurangan ASI Bisa Sebabkan Turun Berat Badan Hingga Dehidrasi Pada Bayi)

Memangnya bayi tidak akan tersedak?

Banyak orangtua yang menolak metode ini karena khawatir bayi tersedak saat makan. Pasalnya, bayi memproses sendiri makanan-makanan tersebut dalam bentuk utuh dan bukan bubur seperti yang diberikan orangtua di masa lalu. Namun, ternyata bayi memiliki refleks yang baik untuk mengunyah dan menelan makanan, sehingga mereka pasti bisa mengunyah dan menelan makanan mereka.

(Baca juga: Minuman Sehat untuk ASI Lancar)

Bayi juga punya refleks untuk memuntahkan lagi makanan yang terlalu besar yang masuk ke mulut mereka. Jadi, saat bayi memuntahkan makanan, itu bukan karena tersedak, tapi karena makanan terlalu besar. Yang harus Bunda lakukan adalah tetap mengawasi dan menyediakan minum untuknya. Selain itu, pastikan juga bayi dalam kondisi yang tegak saat makan agar tidak tersedak.

(Baca juga: Bahaya Merebus Botol Susu Bayi)

Apa Manfaat BLW untuk bayi?

Banyaknya orangtua yang mulai beralih dari metode konvensional ke metode BLW dalam memberikan makanan pendamping ASI tentu bukan tanpa alasan. BLW disinyalir memiliki banyak manfaat untuk bayi, diantaranya:

  • Bayi dapat mengeksplorasi rasa, tekstur, warna dan bau suatu makanan, sehingga metode ini dapat memperkenalkan bayi pada makanan dengan alami.
  • Metode ini dapat mendorong rasa kepercayaan diri dan kemandirian pada bayi. Orangtua memberikan kontrol sepenuhnya pada bayi untuk menentukan kapan ia berhenti makan, karena bayi akan berhenti makan saat sudah kenyang.
  • Membantu bayi untuk mengembangkan motoriknya, terutama koordinasi antara mata dan tangan, juga belajar untuk mengunyah.
  • Bayi bisa makan bersama orangtuanya, orangtua tidak perlu makan bergantian agar salah satu bisa memberi makan bayi terlebih dulu.

Itulah beberapa hal yang perlu Bunda ketahui tentang BLW atau baby led weaning ini. Bagaimana menurut Bunda tentang metode ini? Share di kolom komentar, ya!

(Visited 175 times, 1 visits today)