Mendidik Anak Lelaki Sholeh Dibalas Di Dunia, Mendidik Anak Perempuan Sholehah Dibalas Di Akhirat

126 views Leave a comment
Mendidik Anak Lelaki Sholeh Dibalas Di Dunia, Mendidik Anak Perempuan Sholehah Dibalas Di Akhirat

Dailymoslem – Bagi orangtua, saat-saat paling sulit adalah saat harus melepas anaknya menikah dengan lelaki atau perempuan pilihannya. Setelah menikah, anak perempuan harus lebih patuh pada suaminya daripada orangtuanya sendiri, sedangkan anak laki-laki harus membagi rizki dan kasih sayangnya pada orangtua dan istrinya.

Bedanya, anak perempuan setelah menikah akan dibawa suaminya, dalam arti ia harus lebih patuh pada suaminya dan harus mendapat ijin dari suaminya untuk melakukan segala sesuatu.

Nabi bersabda: “Tidak dibenarkan manusia sujud kepada manusia, dan kalau dibenarkan manusia sujud kepada manusia, aku akan memerintahkan wanita sujud kepada suaminya karena besarnya jasa (hak) suami terhadap isterinya. (HR. Ahmad).

Sedangkan anak laki-laki, meskipun telah menikah ia tetap menjadi hak ibunya, ia tetap harus lebih patuh pada ibunya.

(Baca juga: Untuk Para Suami, Dahulukan Ibu atau Istri?)

Dari Aisyah RA, Ia berkata, saya berkata kepada Rasulullah SAW “Ya Rasulullah, siapakah manusia yang paling besar haknya kepada seorang istri? Beliau menjawab, “suaminya” Dan siapakah yang paling berhak terhadap seorang laki-laki/suami? Beliau menjawab ‘Ibunya” (HR Al Hakim)

Setelah menikah, orangtua memang tidak memiliki hak apapun lagi atas anak perempuannya. Namun balasan untuk orangtua yang mendidik anak perempuan yang sholehah adalah datang pada hari kiamat beriringan dengan Rasulullah. Subhanallah.

Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata  bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631)

(Baca juga: Membahagiakan Istri Melancarkan Rezeki)

(Visited 908 times, 1 visits today)