Manfaat Tidur Siang Bagi Anak untuk Kesehatan dan Kecerdasan

86 views Leave a comment
Manfaat Tidur Siang Bagi Anak untuk Kesehatan dan Kecerdasan

Dailymoslem – Bagi kita orang dewasa, tidur siang adalah kemewahan yang mungkin bisa jadi kesempatan emas saat menemukan waktu untuk tidur siang. Tapi bagi anak-anak, tidur siang seperti penjara yang membosankan. Mereka lebih suka bermain daripada meluangkan waktu untuk tidur di siang hari.

Tidur siang sendiri memiliki banyak manfaat bagi anak, mulai dari menyehatkan hingga mencerdaskan. Dilansir dari Parenting Indonesia, Kim West, MD, sleep coach dari Annapolis, Maryland, yang juga penulis buku The Sleep Lady Good Night: Gentle Proven Solution to Help Your Child Sleep Well and Wake Up Happy, anak akan merekam kembali di otak semua hal yang sudah dipelaajri sebelumnya saat tidur. Yang artinya, apa yang dipelajari anak sebelum tidur akan terrekam sebagai memori jangka panjang bagi anak. Oleh karena itu, disarankan untuk belajar sebelum tidur agar yang dipelajari dapat diingat lebih baik.

Selain itu, West juga mengatakan bahwa tumbuh kembang anak yang terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam akan lebih maksimal, karena pada saat tidur anak akan memproduksi hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Tak heran, kalau anak yang rajin tidur siang pasti jarang sakit.

Menurut penelitian yang dilansir oleh Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, anak di bawah usia 5 tahun yang tidak tidur malam dengan nyenyak (sekitar 10-12 jamper hari) dapat memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena obesitas dan penyakit lainnya seperti diabetes dan jantung.

Bunda juga pasti sering merasakan bahwa anak yang tidak tidur dengan nyenyak pasti akan rewel sepanjang hari. Tidur siang yang yang berkualitas, menurut Robert Beckerman, M.D., dokter spesialis gangguan tidur dari Children’s Mercy Hospital and Clinics di Kansas, akan memiliki kemampuan untuk berkonsentrasi yang lebih tinggi.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Southern Missisipi mengungkap bahwa anak usia 4-5 tahun yang tidak pernah tidur siang juga biasanya lebih hiperaktif, mudah gelisan dan depresi dibanding anak yang tidur siang setidaknya sekali dalam seminggu.

(Visited 173 times, 1 visits today)