Manfaat Alunan Musik Bagi Tumbuh Kembang Anak

119 views Leave a comment
Manfaat Alunan Musik Bagi Tumbuh Kembang Anak

Dailymoslem – Di usia keemasannya anak seperti spons yang bisa menyerap apa saja yang ia dengar atau ia lihat. Maka, sebaiknya orangtua memberikan banyak input positif pada anak terutama di usia balita.

Salah satu hal positif yang bisa anda berikan pada anak adalah memperdengarkan musik yang berkualitas bagus, karena hal ini bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini manfaat alunan musik bagi tumbuh kembang anak yang dilansir dari Life Hacks.

Musik Dapat Membentuk Pola Pikir Anak

Sebuah penelitian membuktikan bahwa musik dapat menghubungkan antara otak kiri dan otak kanan, terutama pada musisi. Dalam penelitian tersebut juga terbukti bahwa musik dapat membuat otak mampu untuk mengatur informasi yang masuk dengan lebih baik.

Musik Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Intelektual Seseorang

Musik juga dapat merangsang otak dengan jauh lebih baik sehingga dapat meningkatkan intelegensi seseorang. Begitu pula dengan kepercayaan diri yang bisa ikut meningkat seiring dengan meningkatnya intelegensi.

Meningkatkan Konsentrasi Otak

Musik juga bisa melatih otak untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu. Medengarkan dan bermain musik membutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga bisa melatih otak untuk bisa konsentrasi dan fokus.

Musik Dapat Melatih Kreativitas

Sebagai salah satu bagian dari seni, mendengarkan musik dan bermain musik juga dapat melatih kreativitas seseorang. Dengan begitu, otak bisa jadi lebih produktif untuk menghasilkan ide-ide baru yang brilian.

Musik Dapat Menciptakan Rasa Puas Terhadap Hidup

Hal yang bisa membuat seorang musisi puas terhadap hidupnya adalah karena seorang musisi bisa mendapat kepuasan batin maupun kepuasan materi dalam pekerjaannya. Ia bisa memiliki penghasilan besar, popularitas, juga kepuasan untuk mengekspresikan diri melalui musik yang dimainkannya.

Nah, itulah beberapa keuntungan mendengarkan musik yang bisa didapatkan anak. Terbukti bahwa bukan hanya pelajaran eksak yang dapat berguna bagi hidup anak, tapi juga kepandaian bermusik yang dapat mencerdaskan anak secara IQ dan EQ.

(Visited 140 times, 1 visits today)