Makanan Pendamping Asi yang Cocok untuk Bayi 6 Bulan (Makanan Pertama Bayi)

226 views Leave a comment
Makanan Pendamping Asi yang Cocok untuk Bayi 6 Bulan (Makanan Pertama Bayi)

Dailymoslem – Dari usia 0 hingga 6 bulan, makana utama bayi adalah ASI. Di usia ini, baiknya bayi hanya mengonsumsi ASI 100%, baru setelah usia 6 bulan bayi dibolehkan memakan makanan lain yang biasa dikenal dengan nama MPASI atau makanan pendamping ASI.

Untuk pemberian makanan pendamping ASI, Bunda bisa menggunakan metode konvensional yang menggunakan bubur atau metode baby led weaning yang memberikan makanan dalam bentuk utuh pada bayi. Namun, makanan tersebut sudah diproses dengan cara dikukus atau dipanggang sampai lunak agar mudah dimakan bayi.

Metode baby led weaning atau BLW dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri dan juga kemandirian bayi, selain itu metode ini juga dapat mengajarkan bayi untuk mengeksplorasi rasa, tekstur dan bau makan untuk mengenal makanan. Namun, beberapa Bunda beranggapan bahwa metode ini berrisiko untuk membuat bayi tersedak. Baca selengkapnya mengenai metode BLW di sini.

Lalu, makanan apa yang bisa diberikan pada bayi untuk pertama kali?

Untuk Metode Konvensional

Untuk metode ini, Bunda bisa menggabungkan bubur nasi dengan sayuran seperti brokoli, wortel atau buncis. Bunda juga bisa memberikan bubur buah-buahan yang dilunakkan seperti alpukat, pisang, pepaya atau buah-buahan lainnya. Bunda juga bisa menambahkan daging sapi atau ayam yang dilunakkan ke dalam bubur. Selain itu, Bunda juga bisa memberi bubur dari tepung beras atau kacang hijau.

Untuk Metode Baby Led Weaning

Untuk metode BLW, Bunda bisa memberikan buah-buahan seperti jeruk, alpukat, jeruk atau pisang. Untuk sayuran, Bunda bisa memberikan sayuran seperti lobak, labu siam, sawi atau brokoli. Jangan lupa untuk mengukus dulu sayuran sampai lunak agar mudah diproses oleh anak. Bunda juga tidak perlu menambahkan bumbu dan garam agar anak dapat mengeksplorasi rasa, tekstur dan bau makanan dengan alami.

Intinya, tidak perlu khawatir dengan asupan nutrisi makanan pendamping ASI, karena di usia 6 sampai 12 bulan makanan utama bayi masih berasal dari ASI. Di usia ini, bayi mendapatkan asupan nutrisi sebanyak 70% dari ASI dan 30% dari makanan pendamping ASI.

Semoga bermanfaat!

(Visited 253 times, 1 visits today)