Ini yang Lebih Penting Daripada Menjadikan Anak (Sekadar) Penghapal Qur’an

104 views Leave a comment
Ini yang Lebih Penting Daripada Menjadikan Anak (Sekadar) Penghapal Qur'an

Dailymoslem – Orangtua mana yang tak bangga jika anaknya dapat menjadi seorang tahfidz yang hapal seluruh isi Al-Qur’an? Tak heran, banyak orangtua yang memasukkan anak mereka ke berbagai les menghapal Qur’an terbaik agar anaknya dapat menjadi seorang penghapal Qur’an (hafidz), tentunya selain melatihnya sendiri di rumah.

Penghapal Qur’an juga diperlukan dalam kelangsungan sejarah Islam untuk menjadikan Islam semakin kuat. Semakin banyak orang yang hapal Qur’an, maka semakin banyak juga orang yang dapat menyebarkan syari’at Islam.

Menghapal Qur’an sendiri memiliki beberapa keuntungan seperti meraih derajat menyerupai nabi, berkumpul bersama malaikat yang mulia, menjadi manusia terbaik, mendapat pahala tertinggi, meraih syafa’at di hari kiamat, meningkatkan derajat di akhirat, dan juga anugerah kemuliaan bagi orangtua. (Muslimah)

Kebanggaan yang dirasakan orangtua saat sang anak telah selesai dengan hapalan Al-Qur’annya dapat membawa pada dua hal, yaitu keinginan untuk mendapatkan pujian orang dan juga mendapatkan pahala yang besar, yang keduanya sama-sama mengajarkan anak untuk menjadi tidak ikhlas saat beribadah, melainkan mengharapkan suatu balasan atau penghargaan.

Nah, yang lebih penting lagi selain mendidik anak untuk menghapal Qur’an (tahfidz), adalah mendidik anak untuk membaguskan bacaan (tahsin) yang sesuai dengan tajwid, dan juga mendidiknya untuk memahami ayat-ayat yang dibacanya tersebut (tafsir), sehingga anak dapat mengamalkan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut dalam kehidupannya.

Pemahaman tentang isi Al-Qur’an tersebut insha Allah akan menjadi bekal yang sangat berharga bagi anak untuk menjalani kehidupan, bekal yang sangat bermanfaat bagi dirinya dan juga ummat. Insha Allah.

 

(Visited 178 times, 1 visits today)