Hindari Marah-Marah Pada Anak, Lebih Baik Lakukan Hal Berikut Ini Saat Anak Rewel

110 views Leave a comment
Hindari Marah-Marah Pada Anak, Lebih Baik Lakukan Hal Berikut Ini Saat Anak Rewel

Dailymoslem – Perkara mendidik anak merupakan suatu tantangan tersendiri bagi setiap orangtua. Untuk urusan yang satu ini, orangtua tidak boleh gagal. Karena jika gagal maka taruhannya adalah kehidupan anak di masa depan.

Cara didik yang gagal akan membuat anak kesulitan untuk menghadapi berbagai masalah dalam kehidupannya yang juga akan terbawa hingga ia dewasa nanti. Salah satu kesalahan dalam mendidik anak yang kerap terjadi adalah orangtua marah-marah untuk membuat anak patuh dan tidak rewel.

Marah-marah pada anak hanya akan menyisakan stress bagi anak dan akhirnya anakpun merespon orangtua yang marah-marah dengan amarah juga. Tidak akan ada masalah yang selesai dengan amarah. Namun, menghindari marah pada anak bukan berarti juga kita menuruti semua keinginan anak saat dia rewel, karena hal tersebut hanya akan membuat dia menjadi manja dan menjadikan kerewelan tersebut sebagai senjata untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Berdasarkan buku Marah yang Bijak yang ditulis oleh Bunda Wening, ada dua hal yang bisa Bunda lakukan untuk menghindari marah-marah pada anak, yaitu pencegahan dan penanganan.

Untuk poin pencegahan, artinya Bunda mencegah hal-hal yang mungkin menyebabkan anak menjadi rewel. Misalnya saat Bunda dan anak hendak pergi ke mal, sebelum pergi sebaiknya Bunda dan anak telah sepakat untuk memberi anak jatah beli mainan satu saja. Sehingga saat ia melihat mainan yang ia sukai di mal, dia hanya boleh memilih satu yang paling dia inginkan atau yang paling dia butuhkan. Jika dia mulai rewel karena menginginkan benda lain, maka ingatkan dengan halus dan lembut bahwa sebelumnya kita telah sepakat untuk membeli satu mainan saja.

Ajarkan anak kedisiplinan tanpa harus mendidiknya dengan gaya militer, karena itu tak akan mengubahnya jadi apapun kecuali mesin yang bisa meledak.

(Visited 9,818 times, 2 visits today)