Hati-Hati Bunda, Ini Bahayanya Terlalu Banyak Mengunggah Foto Anak Di Media Sosial

1938 views

Dailymoslem – Momen punya anak memang momen yang membahagiakan untuk siapapun. Terkadang kita ingin membagikan kebahagiaan kita di media sosial atau membagikan kelucuan anak kita di media sosial. Namun, hal tersebut bisa menjadi dua mata pisau bagi anak kita.

Bisa jadi foto anak kita tersebut menjadi hiburan juga untuk teman-teman lain di media sosial, atau justru mengundang bahaya bagi anak kita sendiri. Saat kita sudah mengunggah foto anak ke media sosial, maka tidak ada yang bisa mencegah laju viralnya. Meski kita sudah menghapusnya, tidak menutup kemungkinan foto tersebut sudah didownload oleh orang lain dan kembali dimanfaatkan untuk hal yang tidak kita inginkan.

Memangnya siapa, sih, yang akan mengunduh foto anak kita dan memanfaatkannya untuk hal buruk? Bagaimana caranya?

Mungkin kita memang selalu bergaul dengan orang-orang yang baik dan tidak memiliki penyimpangan sosial. Tapi di dunia may asana, ribuan orang berkeliaran, siapapun bisa mengakses data yang sudah diunggah secara bebas ke internet, mereka yang baik maupun yang menyimpang.

(Baca juga: Ini 10 Tipe Mama yang Sering Mondar-Mandir Di Media Sosial, Bunda yang Mana?)

Terbukti pada tahun 2014 lalu, ditemukan seorang pedofilia asal Surabaya yang menyebarkan sekitar 10.236 foto tidak senonoh anak-anak di dunia maya, foto anak-anak yang memang dikoleksinya. Kita mungkin mengagumi foto anak kita karena kelucuannya, namun mungkin orang yang tidak bertanggung jawab menikmati foto tersebut dengan syahwatnya yang tidak pantas. Bahkan di Amerika Selatan pernah ditemukan foto anak yang disalahgunakan sebagai foto profil tipuan untuk modus perdagangan anak. Naudzubillahimindzalik.

Selain itu, dengan terlalu banyak mengunggah foto anak di media sosial, bisa jadi kita malah memberi banyak informasi untuk orang yang berniat jahat untuk menculik. Tidak menutup kemungkinan karena banyaknya foto yang kita unggah, si penculik jadi tahu alamat rumah kita, sekolah, atau bahkan mungkin kebiasaan-kebiasaan anak kita.

Nah, mulai sekarang, sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam mengunggah foto anak di media sosial untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan yang mungkin membahayakan anak.

(Baca juga: Terlalu Sering Unggah Foto Anak, Shireen Sungkar Ditegur Instagram)

(Visited 3,521 times, 1 visits today)