Hati-Hati Bunda, Bayi Kekurangan Asi Bisa Sebabkan Turun Berat Badan Hingga Dehidrasi

160 views Leave a comment
Hati-Hati Bunda, Bayi Kekurangan Asi Bisa Sebabkan Turun Berat Badan Hingga Dehidrasi

Dailymoslem – Bagi ibu baru, mungkin ada beberapa tantangan tersendiri saat menyusui bayi. Misalnya ASI yang tidak keluar dengan lancar hingga membuat banyak ibu beralih ke susu formula agar bayi tak kelaparan.

Namun, dokter Dokter Sam Oddie dari Bradford menyatakan bahwa kekurangan ASI dapat memberikan dampak yang serius bagi bayi, dilansir dari dailymail.co.uk. 

Penyakit yang bisa diderita bayi karena kekurangan ASI adalah neonatal hypernatraemia, atau kehilangan berat badan dan dehidrasi yang biasanya dikenal di usia 10 hari. Gejalanya adalah kondisi bayi yang lesu dan rewel. Beberapa bayi yang mengalami kondisi ini bahkan memburuk dengan sangat cepat sehingga membutuhkan penanganan rumah sakit.

Bahkan, kondisi ini juga bisa menyebabkan kejang-kejang kerusakan otak hingga kematian. “Cara-cara seperti inisiasi menyusui dini, asisten yang terlatih dan mendukung wanita menyusui, akan membantu dalam kasus ketika menyusui menjadi sulit. Cara tersebut akan mendukung secara umum sekaligus menemukan kasus yang serius,” jelas Oddie.

Menurut Oddie, susu formula juga bukan solusi dari permasalahan ini, namun dukungan orang terdekat yang dapat menjadi dorongan agar Ibu dapat menghasilkan ASI.

“Solusi kekurangan ASI bukanlah susu formula, tetapi dukungan menyusui yang lebih baik dari pihak luar,” tambahnya.

(Visited 176 times, 1 visits today)