Ganti Kata ‘Jangan’ dalam Mendidik Anak dengan Kata-Kata Berikut Ini

1494 views

Dailymoslem – Ulah si kecil yang terkadang sering membuat ‘kerusuhan’ memang sering membuat bundanya khawatir sehingga sering melarang si kecil ini itu. Namun, kata ‘jangan’ ternyata memiliki efek negatif pada si kecil yang akan memengaruhi tumbuh kembangnya.

Dikutip dari parenting.co.id, Roni Leiderman, seorang konselor pada Family Center di Nova Southeastern University, Florida, Amerika, mengatakan bahwa terlalu sering mengucapkan kata ‘jangan’ dan ‘tidak’ dapat meninggalkan jejak negatif dalam ingatan anak.

Lalu, bagaimana caranya melarang si kecil melakukan hal yang bisa menyebabkan kekacauan?

Gunakan Kalimat Alternatif

Daripada mengatakan ‘jangan’ saat si kecil main bola di ruang tamu, lebih baik gunakan kalimat alternatif seperti mengatakan bahwa main bola di halaman akan lebih menyenangkan karena ruang yang lebih bebas dan luas.

Berikan Penjelasan

Agar anak mengerti alasan anda melarang hal tersebut, berikan penjelasan pada anak bahwa hal tersebut berbahaya untuknya dan juga untuk oranglain. Jangan lupa untuk tetap menasihatinya dengan nada positif dan tanpa menakut-nakuti.

Tawarkan Pengganti

Terkadang si kecil ingin meniru ibunya yang memasak di dapur dengan ikut-ikutan bermain pisau atau alat dapur berbahaya lainnya. Tawarkan pengganti seperti pisau mainan dari plastik yang bisa digunakannya dengan aman.

Alihkan Perhatiannya

Anak biasanya ingin melakukan sesuatu karena rasa penasarannya yang besar. Misalnya pada saat anak melihat pajangan kaca di mal, anda bisa mengalihkan perhatiannya pada cermin kaca yang memantulkan bayangannya atau mengajaknya ke tempat lain.

Cegah dari Awal

Agar anda tidak perlu melarang anak melakukan ini-itu, sebaiknya hindarkan anak dari hal-hal yang tidak anda inginkan. Misalnya jika anda tidak ingin anak bermain pisau, selalu simpan pisau ke tempat yang aman setiap anda selesai menggunakannya.

(Visited 1,385 times, 1 visits today)