Cara Rasulullah Mendidik Anak Berdasarkan Rentang Usia

137 views Leave a comment
Cara Rasulullah Mendidik Anak Berdasarkan Rentang Usia

Dailymoslem – Selagi masih kecil, merupakan tanggung jawab kita untuk mengurus dan memastikan kondisi anak sehat dan baik. Kita juga harus membekali anak agar ia mampu untuk menghadapi dunia ketika dewasa nanti.

Mendidik anak juga harus disesuaikan dengan usia mereka, karena tentunya di usia yang berbeda dibutuhkan perlakuan yang berbeda juga agar bisa tepat sasaran dan sesuai kebutuhan anak. Kita tidak bisa memukul rata kebutuhan anak untuk semua usia.

Hal inilah yang sering tidak kita sadari. Misalnya, banyak orangtua yang terus memperlakukan anak mereka seperti anak kecil meski anak tersebut sudah dewasa. Hal ini bisa berakibat anak merasa tidak dipercaya bahkan bisa menjadi sebal pada orangtuanya.

Di setiap rentang usia, anak tentu mengalami tantangan hidup yang berbeda-beda, yang juga menjadi tantangan bagi orangtua untuk mendidik mereka.

Nah, Rasulullah juga sudah mencontohkan kepada kita untuk mendidik anak sesuai dengan usianya. Mulai dari usia 0-6 tahun saat masih bayi dan anak-anak, usia 7-14 tahun saat anak memasuki masa remaja, hingga usia 15-21 tahun saat anak memasuki masa transisi ke usia dewasa.

Baca selengkapnya di sini.

(Visited 489 times, 1 visits today)