Cara Melatih Anak Lepas Dari Popok

134 views Leave a comment
Cara Melatih Anak Lepas Dari Popok

Dailymoslem – Penggunaan popok biasanya dilakukan para ibu saat usia anak masih bayi dan balita, agar pengasuh tidak perlu repot mengganti celana bayi setiap ia buang air kecil atau buang air besar.

Namun, penggunaan popok juga harus dihentikan seiring perkembangan usia si kecil. Semakin besar, tentu anak harus diberi pengertian untuk menggunakan celana dalam, mulai melepaskan popok dan buang air kecil serta buang air besar di toilet.

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk melepaskan si kecil dari penggunaan popok, seperti dibahas oleh psikolog perkembangan anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., dilansir dari parenting.co.id. Menurut Vera, anak bisa dilatih untuk buang air kecil dan buang air besar di toilet sejak usia 18 bulan hingga 3 tahun.

(Baca: Ajarkan Anak Kerendahan Hati dari Surat Luqman)

Bunda bisa mulai melepaskan popok secara bertahap ketika anak berada di rumah. Ajak anak untuk buang air kecil di toilet setiap tiga jam sekali dan minta anak untuk berbicara pada Bunda jika ingin buang air besar. Jika sedang di rumah, tak ada salahnya juga membiarkan anak buang air kecil di celana agar ia tahu rasanya celana basah jika mengompol di celana dan mengerti keharusan untuk pergi ke toilet jika ingin buang air kecil dan buang air besar.

Saat malam, alasi tempat tidur anak dengan perlak besar agar tidak perlu repot membersihkan dan menjemur tempat tidur jika anak mengompol saat malam.

(Baca: Begini Mendidik Anak Agar Tidak Takut Hantu)

Sebelum bepergian, ajak anak untuk pergi ke toilet terlebih dulu agar tidak perlu ingin buang air kecil atau buang air besar saat di perjalanan. Meski begitu, Bunda bisa tetap memakaikan popok pada anak jika ia belum sungguh-sungguh terbiasa. Meski masih memakai popok saat di perjalanan, Bunda tetap harus mengajarkan anak untuk berbicara jika ingin buang air kecil atau buang air besar.

Bunda juga bisa memberikan anak potty trainer atau toilet yang sesuai dengan ukuran anak yang bisa dipasang di toilet ukuran normal untuk mengajarkannya cara menggunakan toilet. Temani si kecil saat anak menggunakan toilet dan jelaskan caranya secara lisan maupun gerakan. Jangan lupa untuk memberikan reward berupa pujian atau pelukan pada anak saat ia berhasil pergi ke toilet atas keinginanannya sendiri atau saat anak berhasil tidur tanpa mengompol.

Selamat mencoba, moms!

(Visited 73 times, 1 visits today)