Bunda, Stop Membanding-Bandingkan Anak, Sebaiknya Lakukan Hal-Hal Ini

96 views Leave a comment
Bunda, Stop Membanding-Bandingkan Anak, Sebaiknya Lakukan Hal-Hal Ini

Dailymoslem – Secara tidak sadar, mungkin Bunda sering membanding-bandingkan anak baik dengan anak tetangga, teman di sekolah, maupun saudara sekandungnya sendiri. Meski hanya satu kalimat sederhana, namun hal ini bisa membekas di hati si kecil dan terbentuk dalam psikisnya.

Beberapa orangtua mungkin membandingkan anaknya dengan saudara yang lain atau dengan anak lain dengan tujuan untuk memberi motivasi pada anak agar dapat lebih maju. Namun, memabnding-bandingkan bukanlah cara yang tepat untuk memberi motivasi. Daripada membanding-bandingkan, lebih baik lakukan hal-hal berikut ini.

Hargai Kelebihan Anak

Saat Anda melihat kelebihan anak lain atau saudara-saudaranya yang lain, mungkin Anda lupa untuk melihat kelebihan anak Anda sendiri. Coba perhatikan, mungkin ada karya si kecil yang selama ini ingin ditunjukkan kepada Anda namun Anda selalu lupa untuk menengoknya. Hargailah karyanya agar anak mendapat motivasi untuk terus mengembangkan bakatnya.

Gali Kelebihan Anak

Percayalah, setiap anak pasti dilahirkan dengan bakat dan kelebihannya masing-masing. Jika Anda mungkin belum menemukan bakat dan kelebihan anak, terus gali dengan mencari tahu hal-hal yang bisa dilakukannya dengan baik dan sangat disukai olehnya. Jika sudah terlihat bibit-bibit dari bakat tersebut, segera tawarkan pilihan pada anak untuk mengembangkan bakat tersebut, misalnya dengan mendaftarkannya les atau memberikan peralatan yang mendukung.

Bandingkan dengan Dirinya Sendiri

Daripada membandingkan anak dengan saudara yang lain atau dengan anak lain, lebih baik bandingkan anak dengan dirinya sendiri agar ia tahu bahwa ia sebenarnya bisa melakukan yang lebih dari ini. Misalnya, “Ayo, kemarin kamu bisa kok membereskan buku pelajaran sendiri. Hari ini juga pasti bisa.” Selain membandingkan dengan diri sendiri, kalimat ini juga bernada pujian terhadap sikap anak yang lebih baik di hari sebelumnya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk memotivasi si kecil agar terus maju daripada harus membandingkannya terus-menerus dan membuatnya merasa tidak bernilai. Semoga bermanfaat!

(Visited 161 times, 1 visits today)