Bunda, Kenali 8 Tanda Anak Stress Atau Frustasi

140 views Leave a comment
Bunda, Kenali 8 Tanda Anak Stress Atau Frustasi

Dailymoslem – Bunda, bukan hanya orangtua yang bisa mengalami kondisi stress atau frustasi, anak juga bisa mengalaminya. Bahkan, kondisi stress pada anak ini dapat berpengaruh juga pada kondisi psikis dan pertumbuhannya.

Agar mampu mengatasi kondisi ini, Bunda harus memahami tanda-tanda anak dalam kondisi stress atau frustasi. Berikut ini 8 tanda anak stress atau frustasi.

Susah Tidur

Tanda pertama anak stress adalah jika anak mulai susah tidur hingga melewati tengah malam bahkan hingga dini hari. Waktu yang baik untuk anak-anak tidur adalah jam 9 malam. Jika tanda ini terjadi, ajak anak untuk rileks saat mendekati jam tidur dengan cara memberinya susu hangat dan membacakannya buku dongeng.

Terlalu Aktif

Anak yang terlalu aktif hingga melukai dirinya dan orang di sekitarnya juga merupakan salah satu tanda anak dalam kondisi stress. Pelajari cara menghadapi anak yang terlalu agresif seperti suka memukul dan berteriak dengan artikel ini.

Terlalu Pemalu

Anak yang terlalu pemalu juga menandakan bahwa dirinya stress dan mengalami krisis percaya diri. Pupuk rasa percaya diri anak dengan memberinya dukungan dan menggali bakatnya.

Suka Mengamuk

Ciri lainnya adalah dengan menunjukkan gejala-gejala tantrum atau mengamuk, apalagi jika anak mengamuk tanpa sebab atau tidak mau mengungkapkan sebabnya kepada anda. Pelajari cara menghadapi anak tantrum di sini.

Pemilih Dalam Hal Makanan

Hal ini mungkin dianggap biasa oleh kebanyakan ibu, tapi hal ini bisa menunjukkan tanda-tanda anak dalam kondisi stress. Luangkan waktu untuk mengobrol berdua dengan anak untuk membicarakan hal yang menyebabkannya tidak mau makan ini itu.

Mengompol

Anak yang sering mengompol meski sudah melewati masa balita juga pertanda ia dalam keadaan stress. Ketidaktenangan yang dirasakannya terbawa hingga tidur dan menyebabkan ia ingin kencing di malam hari dan akhinya mengompol di kasur.

Mudah Menangis

Saat anak mudah menangis atau sangat sensitif karena hal-hal kecil, bisa jadi ia sebenarnya bukan hanya menangisi satu hal yang anda kira, tapi juga menangisi hal lain yang ia pendam dan terpancing karena satu hal tertentu yang merusak moodnya.

Ketakutan

Bagi para ibu modern, sudah saatnya menghilangkan kebiasaan menakuti anak agar ia mau menurut kata orangtuanya. Hal ini justru akan meninggalkan ketakutan tersebut melekat di kepala anak hingga menyebabkan dirinya stress.

(Visited 294 times, 1 visits today)