Bunda, Begini Cara Menididik Anak Agar Senang Belajar

1062 views

Dailymoslem – Memiliki anak yang cerdas dan berprestasi adalah dambaan bagi seluruh orang tua. Namun, terkadang sebagai orang tua kita kesulitan untuk mengarahkan anak agar rajin dan suka belajar. Sebagian besar anak kecil memang tidak suka belajar, bukan hanya karena belum mengerti namun menjadi sesuatu yang wajar jika anak-anak lebih memilih sesuatu yang menyenangkan.

Rasa suka terhadap sesuatu merupakan perasaan yang alami dan tidak bisa dipaksakan untuk muncul. Olehkarena itu, anak-anak perlu memaknai kegiatan belajar sebagai suatu yang menyenangkan, hal ini akan membantu anak-anak menyukai kegiatan belajar. Kali ini dailymoslem akan memmberikan trik agar anak anda menjadi semangat belajar.

Sesuaikan dengan minat sang anak

Sebagai seorang ibu, seharusnya anda tahu hal apa yang anak anda sukai atau kelebihan apa yang anak anda miliki. Dengan begitu anda akan lebih mudah memilah pelajaran apa yang sebaiknya anda berikan karena pelajaran yang diberikan pada anak haruslah sesuai dengan minta dan usia anak. Mengikutkan anak pada tes minat dan bakat juga bisa menjadi salah satu langkah agar anda tahu hal apa saja yang harus diajarkan pada anak.

Jelaskan kenapa anak harus belajar

Berilah anak penjelasan mengapa belajar itu perlu dilakukan. Tidak perlu penjelasan yang rumit, sedikit gambaran tentang apa yang bisa dilakukan jika anak menguasai sesuatu ilmu pun sudah cukup. Misalnya jika anak anda suka suka bermain kapal-kapalan, anda bisa mengatakan jika rajin belajar kamu bisa membuat kapal sungguhan. Atau jika anak terlihat memiliki minta pada dunia astronomi, berikan cerita-cerita menarik tentang luar angkasa dan selipkan motivasi untuk rajin belajar agar anak bisa merealisasikan cita-citanya itu.

Pilih waktu yang tepat

Setiap anak mempunyai waktu belajar yang berbeda, hal ini terkait dengan kenyamanannya untuk belajar. Sebagian anak menyukai belajar setelah pulang sekolah karena semangat belajar masih terbawa dari sekolah, ada yang setelah tidur siang atau setelah makan malam. Coba saja mengubah waktu belajar setiap minggu untuk mengetahui diwaktu mana saja anak semnagat belajar.

Temani dan ajak anak diskusi

Menemani anak belajar sambil menjawab semua pertanyaannya bisa menjadi salah satu hal yang mebuat waktu belajar anak menjadi menyenangkan. Anda juga bisa membiarkan anak membaca buku pelajarannya kemudian berikan beberapa pertanyaanatau bahkan ajak anak anda untuk mendiskusikannya.

Buatlah suasana yang menyenangkan

Mempelajari hal yang sulit memang sangat menyebalkan, maka bautlah suasana yang menyenangkan agar anak tidak terlalu tegang mempelajarinya. Anda juga dapat membuat permainan yang mempermudah anak anda untuk memahami pelajaran tersebut.

Berikan hadiah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, anak lebih suka pada hal-hal yang menyenangkan seperti bermain. Oleh karena itu berikan apresiasi ata segala usahanya dalam belajar dengan memberikan waktu bermain lebih, liburan ke tempat yang ia senangi atau juga memberikan sebuah hadiah yang pasti disukainya.

Jangan pernah memaksa

pada hakikatnya manusia tidak suka dipaksa, apalagi anak-anak yang masih perlu bermain yang lebih banyak. Biarkan anak beristirahat sejenak, dan berikan waktu yang cukup untuk bermain. Memaksa anak untu terus belajar saat anak bosan bukan hal yang baik, malah akan membuatnya menjadi pembangkan atau bahkan akan menganggu psikisnya. Jadi jangan memaksakan kehendak ya bunda.

(Visited 769 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]