Bukan Hanya Baca Tulis Hitung, Kesiapan Ini Juga Perlu Dimiliki Anak Sebelum Masuk SD

81 views Leave a comment
Bukan Hanya Baca Tulis Hitung, Kesiapan Ini Juga Perlu Dimiliki Anak Sebelum Masuk SD

Dailymoslem – Saat ini, baca tulis hitung tak lagi jadi syarat utama anak masuk SD setelah munculnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2010 yang melarang tes baca tulis hitung sebagai seleksi masuk SD. Namun demikian, banyak pihak sekolah dan orangtua yang masih menjadikan kemampuan baca tulis sebagai patokan utama anak siap masuk SD atau belum.

Sebenarnya, ada banyak kesiapan yang perlu dimiliki anak sebelum ia masuk Sekolah Dasar atau SD, yaitu kemampuan mental dan kemandirian yang akan dituntut lebih besar di Sekolah Dasar. Anak perlu memiliki kesiapan untuk menerima tanggung jawab baru dan tantangan baru. Mereka harus berhadapan dengan anak-anak dan orang dewasa, mereka juga akan menghadapi lingkungan sekolah yang lebih formal.

Agar anak bisa beradaptasi dengan mudah dengan teman-teman dan gurunya, ia perlu memiliki kemampuan untuk menunjukkan kepedulian dan kasih sayang terhadap teman, juga kemampuan untuk memulai sosialisasi seperti mengajak teman bermain bersama. Dengan begitu, anak akan lebih mudah mendapatkan teman dan betah di sekolah barunya.

(Baca juga: Makan Bersama Keluarga di Meja Makan Tingkatkan Kecerdasan Sosial Anak)

Selain itu, anak juga perlu memiliki kemampuan untuk mengekspresikan perasaan atau keinginan, memiliki keterampilan berbahasa yang baik, bisa berbicara dengan jelas mengenai perasaan dan keinginannya sehingga dapat dipahami oleh teman atau orang dewasa. Dengan begitu, anak tidak akan memendam sesuatu yang tidak disukai atau tidak sesuai dengan dirinya. Hal ini juga bisa membuat anak lebih mudah beradaptasi dan betah di lingkungan baru.

(Baca juga: Begini Cara Mengajak Ngobrol Anak Pendiam dan Mengajari Mereka Mengekspresikan Perasaan)

Kesiapan lain yang perlu dimiliki anak adalah kepercayaan diri agar anak mau untuk tampil di depan kelas, percaya diri untuk minta bantuan pada orang dewasa seperti guru mereka, juga percaya diri untuk bergabung dengan teman-teman baru. Secara fisik, mereka harus bisa duduk tegak, terutama ketika harus menulis.

(Baca juga: 3 Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Kehilangan Rasa Percaya Diri)

Terakhir, anak perlu memiliki kemandirian untuk membantu dirinya sendiri, bertanggung jawab atas apa yang dimilikinya. Anak harus sudah bisa membersihkan diri sendiri setelah buang air kecil dan besar, mereka juga harus sudah bisa mengenali barang-barang miliknya sendiri dan merawatnya.

Yuk, bagi para orangtua, kita siapkan mental anak-anak kita agar ia siap untuk menerima berbagai tantangan-tantangan baru dalam hidup, yang paling kecil dan awal mungkin tantangan untuk memasuki lingkungan baru seperti masuk SD.

Semoga bermanfaat!

(Visited 123 times, 1 visits today)