Begini Cara Ajak Bicara Anak Pendiam

98 views Leave a comment
Begini Cara Ajak Bicara Anak Pendiam

Dailymoslem – Setiap anak berkembang dengan caranya sendiri. Jadi, Bunda tidak bisa menyamakan perkembangan setiap anak dan membandingkannya. Salah satu yang sering membuat orangtua khawatir adalah anak yang pendiam, karena dikira perkembangannya lambat.

Anak yang pendiam bukan berarti perkembangan kemampuan bahasanya diam, dia hanya memiliki sifat yang tertutup dan hal tersebut terjadi secara alami. Tapi, bukan berarti Bunda membiarkannya begitu saja. Bunda juga harus melatihnya untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran, hal ini akan dibutuhkan jika si kecil butuh bantuan atau ada yang meresahkannya. Anak yang lebih tertutup dan tidak mengekspresikan perasaannya cenderung akan menjadi mudah stress.

Cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi anak yang pendiam adalah meluangkan waktu berdua saja dengan si kecil. Lakukan secara bergantian oleh Bunda dan Ayah, agar anak memiliki kedekatan yang sama dengan Ayah dan Bundanya. Pastikan juga tidak ada orang lain seperti saudaranya, neneknya, atau mungkin Bunda dan Ayah yang mengobrol bersamaan, hanya berdua saja dengan si kecil.

Hal ini perlu dilakukan agar anak bisa mengekspresikan dirinya dengan lebih bebas dan menjadi dirinya sendiri. Luangkan setidaknya 10-15 menit untuk mengobrol berdua saja dengan si kecil. Untuk memancingnya bercerita, Ayah dan Bunda juga bisa memulainya dari diri sendiri. Misalnya dengan menceritakan kegiatan Ayah dan Bunda hari ini atau mengutarakan perasaan Ayah dan Bunda. Lama-lama anak akan merasa nyaman untuk menceritakan perasaannya juga.

Jika anak sudah merasa nyaman untuk menceritakan perasaannya, pastikan Ayah dan Bunda tetap menjaga sikap dan tidak terburu-buru dalam menasehati atau bahkan memojokkan si kecil. Hal ini akan menyebabkan si kecil menjadi kurang percaya diri dan urung untuk membuka dirinya. Biarkan anak menyelesaikan dulu cerita atau pendapatnya, baru kemudian Bunda utarakan pendapat Bunda dan mulai menasehatinya.

Saat memasuki sekolah, anak juga biasanya akan mendapatkan bantuan dari guru untuk lebih berani berbicara dan bersosialisasi. Selain itu, anak juga akan belajar dengan sendirinya untuk menyampaikan pendapatnya pada teman-teman. Jika anak masih sulit berbicara hingga usia sekolah, Bunda bisa mencoba mengkonsultasikannya dengan psikolog.

(Visited 174 times, 1 visits today)