Bagaimana Mengatasi Tantrum Pada Anak?

84 views Leave a comment
Bagaimana Mengatasi Tantrum Pada Anak?

Dailymoslem – Tantrum adalah kondisi saat anak mengamuk atau mengekspresikan amarah dengan menangis, berteriak, menendang, menggelesot di lantai dan terkadang hingga menahan nafas. Tantrum ini biasanya digunakan sebagai senjata oleh anak agar orangtua mau menuruti keinginannya.

Hampir semua anak mengalami tantrum, tepatnya 83% anak berusia 2-4 tahun pernah mengalami tantrum. Tantrum ini biasanya mencapai puncaknya di usia 2-3 tahun dan bisa berkuran di usia anak 4 tahun.

Tantrum biasanya terjadi saat anak trustasi terhadap tantangan yang sedang ia rasakan. Bisa karena ia merasa kesulitan untuk menemukan jawaban dari pertanyaannya, kesulitan menyelesaikan suatu tugas atau karena kesulitan mendapatkan apa yang ia mau sehingga ia merasa frustasi.

Tantrum juga biasanya dijadikan senjata oleh anak agar orangtua mau menuruti keinginannya. Amukannya belum akan berhenti sampai orangtua memberikan apa yang ia mau. Nah, di sinilah kita tidak boleh memanjakannya saat tantrum, karena anak yang terbiasa dituruti keinginannya saat tantrum justru merasa dengan cara inilah orangtua akan menuruti keinginannya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi anak tantrum, mulai dari memuji perilaku baik anak agar anak tidak menunjukkan perilaku buruk, membiarkan anak mengambil keputusan hingga meminta bantuan profesional.

Selengkapnya baca di sini.

(Visited 133 times, 1 visits today)