Bagaimana Caranya Mengetahui Anak Sudah Siap Diajak Berpuasa atau Belum?

934 views
anak puasa

Dailymoslem – Di bulan Ramadhan, mungkin banyak para ibu yang memiliki anak di usia pertumbuhan mempertanyakan, apakah si kecil sudah bisa diajak berpuasa atau belum?

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kewajiban untuk berpuasa adalah mereka yang telah baligh. Namun, ada baiknya melatih untuk berpuasa sebelum baligh, agar ketika sudah baligh nanti si anak akan mudah menjalankan puasa Ramadhan selama satu bulan.

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Ada tiga orang yang gugur kewajibannya untuk berpuasa; Orang gila yang hilang akal hingga sembuh, orang tidur hingga bangun dan anak kecil hingga bermimpi (balig).”

(HR. Abu Daud, 4399 dishahihkan oleh Al-Albany dalam shahih Abu Daud)

(Baca juga: Cara Mengajari Anak Puasa Ala Astrid Kuya)

Sementara itu, usia yang disarankan untuk membiasakan anak berpuasa Ramadhan adalah usia 10 tahun.

Ishaq berkata, “Kalau sudah berumur dua belas tahun, saya lebih senang kalau dia diberi beban berpuasa agar terbiasa.”

Dijadikan patokan umur sepuluh tahun pertama, karena Nabi sallallahu’alaihi wa sallam memerintahkan untuk memukul anak kecil yang meninggalkan shalat. Disamakan antara puasa dengan shalat itu lebih baik, karena adanya kedekatan antara satu dengan lainnya. Kesamaannya, bahwa keduanya termasuk ibadah fisik dari rukun Islam. Cuma puasa lebih berat, maka perlu adanya kekuatan. Karena terkadang dia mampu shalat, akan tetapi tidak mampu berpuasa.” (Al-Mughni, 4/412)

Namun, Bunda kadang tidak tega melihat anak harus menahan lapar dengan usianya yang masih kecil dan khawatir akan kesehatannya. Apakah harus memberinya hari-hari tidak puasa untuk toleransi? Atau berpuasa setengah hari saja?

Nah, kita bisa menentukannya dari kemampuan anak kita berpuasa. Jika selama tiga hari berturut-turut ia berpuasa seharian penuh dan tidak terlihat lemah, maka artinya kita bisa mengajaknya untuk berpuasa selama sebulan penuh.

Al-Auza’i rahimahullah berkata, “Kalau dia mampu berpuasa selama tiga hari berturut-turut dan dia tidak lemah, maka diperintahkan kepadanya untuk berpuasa sebulan Ramadan.”

Yuk, kita ajak si kecil untuk membiasakan diri menjalankan perintah-Nya, apalagi di bulan yang penuh berkah dan perayaan ini.

(Baca juga: 7 Manfaat Puasa untuk Kesehata Tubuh)

(Visited 5,386 times, 1 visits today)