Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Bertanya Tentang Wujud Dan Asal Muasal Allah?

888 views
parenting

Dailymoslem – Ibu, Allah itu ada di mana? Bentuknya seperti apa? Sebelum ada langit, Allah ada di mana?

Pernahkah para orangtua bingung dengan pertanyaan semacam ini dari anak? Anak-anak memiliki daya imajinasi yang tinggi dan juga cara pikir yang masih polos dan jujur.

Setiap anak pasti ingin jawaban yang jelas ketimbang hanya, “jangan tanyakan hal ini, pamali!” Jawaban itu hanyalah akan meninggalkan rasa penasaran di hati anak yang tidak terselesaikan. Meski terkadang anak-anak justru mempertanyakan hal-hal yang kita sendiri tidak bisa menjawabnya, atau mungkin pertanyaan yang sebenarnya ada dalam diri kita sendiri selama ini…

Allah itu ada di mana? Kenapa kita tidak bisa melihat Allah?

Quraish Shihab dalam bukunya yang berjudul M. Quraish Shihab Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Islam memaparkan jawaban untuk berbagai pertanyaan anak tentang Islam, salah satunya adalah tentang wujud dan keberadaan Allah.

“Kalau kamu melihat pakaian yang dijemur atau daun-daun silih berganti mengarah ke kiri dan kanan akibat embusan angin, apakah kamu melihat angin itu? Yang kamu lihat adalah hasil kerja angin. Demikian juga Allah, kita tidak bisa melihat-Nya tapi kita bisa melihat semua ‘hasil kerja-Nya’ di mana-mana.”

Kita juga bisa menjelaskan pada anak bahwa kemampuan manusia sungguh terbatas, begitu banyak hal di alam semesta ini yang tidak bisa kita lihat dan bahkan pikirkan. Ada banyak binatang lain yang memiliki indera lebih tajam dari manusia, misalnya ketajaman penglihatan elang yang delapan kali melebihi ketajaman penglihatan manusia.

(Baca juga: 9 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Seorang Hafidz Qur’an)

Selain itu, kita juga tidak bisa melihat sesuatu dengan jelas bisa jadi karena sesuatu tersebut terlalu terang untuk kita lihat. Misalnya kelelawar yang tidak bisa melihat di siang hari karena matanya tidak mampu melihat sesuatu yang terang. Sungguh, Allah telah menunjukkan tanda-tanda kekuasaan-Nya di muka bumi, bahkan segala perumpamaan untuk menjawab pertanyaan tentang hal semacam ini bisa kita temui dalam berbagai ciptaan Allah.

Bentuk Allah Itu Bagaimana? Apakah seperti kita manusia atau seperti apa?

(Visited 1,137 times, 1 visits today)