Anak Sering Jadi Lebih Rewel Saat Ada Ibu? Ini Solusinya!

683 views Leave a comment
Anak Sering Jadi Lebih Rewel Saat Ada Ibu? Ini Solusinya!

Dailymoslem – Bagi kebanyakan ibu, mungkin sering mengalami masalah anak yang menjadi rewel ketika Ibu di sekitar. Ketika anak ditinggal bersama Ayah atau anggota keluarganya, ia mungkin bisa lebih anteng, tapi ia bisa berubah menjadi rewel seketika jika melihat ibunya datang.

Hal ini ternyata juga menjadi bahan penelitian oleh dokter konsultasi di Parenting Doctor. Ann Corwin Ph.D menyimpulkan bahwa hal ini terjadi karena Ibu melambangkan ‘kebutuhan’ bagi anak, dan mereka menghubungkan kebutuhan mereka akan makanan dan kelangsungan hidup dengan Ibu mereka. Itulah kenapa anak kerap berperilaku buruk saat ada Ibu untuk mendapat perhatian dari Ibu kapanpun mereka bisa.

Sedangkan peran Ayah melambangkan kepercayaan, keberanian mengambil risiko dan bermain untuk anak-anak, sehingga mereka tidak terlihat begitu putus asa untuk mendapat perhatian dari Ayah, karena Ayah menurut mereka tidak berperan penting untuk kelangsungan hidup mereka.

Di sinilah Bunda harus menentukan tindakan yang tepat untuk menyikapi anak. Jika Bunda justru memberikan perhatian lebih saat anak rewel, maka perilaku ini bisa terus terjadi dan dijadikan senjata oleh anak.

Anak-anak secara alami berperilaku berbeda untuk mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan. Jika Bunda memberikan perhatian lebih kepada anak saat ia merengek atau mengamuk, itulah mengapa perilaku ini terus terjadi.

Berikut beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk menyikapi anak rewel seperti dilansir dari id.asiaparent.com:

Latih Kemampuan Verbal Anak

Ini merupakan yang terpenting, latih kemampuan verbal anak dengan cara memberi nama pada apapun dalam percakapan sehari-hari. Misalnya, sebutkan nama untuk semua benda yang ia temui atau yang Bunda berikan padanya. Ketika ia mencoba untuk mengulang nama benda tersebut, tatap matanya dan ulangi kata tersebut sekali lagi. Perilaku mengamuk anak bisa memudar jika anak memiliki kemampuan bahasa yang baik, karena dengan begitu anak bisa lebih mudah menyampaikan keinginannya.

Tindakan Saat Anak Rewel

Ketika anak sedang rewel tanpa menggunakan kata-kata, Bunda bisa mengalihkan perhatiannya atau memindahkannya dari belakang, jangan melihat matanya atau menyentuhnya. Tanggapi rengekan anak dengan menggunakan kata-kata untuk mengajaknya mengutarakan perasaan atau kemauannya.

Semoga membantu!

(Visited 1 times, 1 visits today)