Ajarkan Si Kecil 6 Kata Ajaib yang Bisa Mempercantik Kepribadiannya

82 views Leave a comment
Ajarkan Si Kecil 6 Kata Ajaib yang Bisa Mempercantik Kepribadiannya

Dailymoslem – Anak-anak itu seperti spons yang akan menyerap apa saja yang kita ajarkan dan contohkan kepadanya. Maka, tanamkanlah sebanyak-banyaknya di usia pertumbuhan anak agar hal tersebut bisa memupuk kepribadian menawan ketika ia dewasa kelak.

Salah satunya adalah dengan mengajarkan anak perkataan yang baik yang akan terus terbawa hingga ia dewasa. Berikut ini 6 kata ajaib yang perlu Bunda ajarkan pada si kecil.

Tolong

Ajarkan pada anak untuk mengucapkan kata ‘tolong’ setiap ia meminta bantuan orang lain, besar atau kecil bantuan tersebut. Jika terbiasa dengan kata ini, anak akan tumbuh menjadi orang yang rendah hati dan tidak merasa dirinya yang paling jago dalam melakukan segala hal.

Terima Kasih

Ucapan terimakasih dapat mengajarkan anak untuk memberikan apresiasi pada orang lain yang telah memberikan pertolongan ataupun meluangkan waktu untuk dirinya. Anak yang tumbuh besar dengan menghargai orang lain tentu akan dihargai orang lain juga nantinya.

Maaf

Ajarkan anak untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf atas kesalahan yang telah dilakukannya. Anak yang terbiasa meminta maaf karena kesalahannya juga akan tumbuh menjadi anak yang rendah hati dan tidak sombong.

Okey

Ajarkan juga anak untuk mengucapkan kata “okey” sebagai respon dari arahan atau perintah dari orangtuanya. Terkadang saat ibu atau ayahnya meminta untuk melakukan sesuatu, anak hanya akan mengangguk atau melakukannya sambil bermalas-malasan, atau malah mungkin menolaknya. Hal ini tidak akan terjadi kalau ayah dan ibu mengajarkan ucapan ini.

Salam

Mengucapkan salam merupakan sunnah yang memiliki arti untuk membawa kesejahteraan, artinya kita saling mendoakan ketika bertemu dengan saudara sesama muslim dengan salam ini. Tanamkan juga makna dari salam ini pada anak, bukan hanya sekedar ucapan yang diucapkan tanpa arti.

Minta Izin

Terakhir, biasakan anak untuk meminta izin dulu sebelum menggunakan benda yang bukan miliknya. Hal ini bisa sangat membantu anak untuk bersosialisasi di sekolahnya.

Nah, itulah beberapa kata ajaib yang bisa Bunda dan Ayah ajarkan untuk mempercantik kepribadian anak. Namun, yang terpenting adalah juga memberikan contoh, karena semua akan sia-sia tanpa teladan yang ia lihat sendiri dari kedua orangtuanya.

(Visited 223 times, 1 visits today)