Ajari Tauhid Pada Anak Dengan Cara Menyenangkan Berikut Ini

262 views Leave a comment
Ajari Tauhid Pada Anak Dengan Cara Menyenangkan Berikut Ini

Dailymoslem – Tauhid adalah satu hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Dengan adanya tauhid dalam hatinya, maka seseorang telah meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah satu-satunya tuhan yang patut disembah.

Oleh karena itu, sebagai orangtua kita wajib memberikan pengertian mengenai tauhid pada anak. Tentunya dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanamkan tauhid pada anak.

Biasakan bercerita tentang kisah-kisah nabi dan kisah yang memperlihatkan kekuasaan Allah

Anak-anak memiliki imajinasi yang sangat tinggi. Dengan menceritakan kisah-kisah kekuasaan Allah, otaknya akan segera berimajinasi dan kemungkinan besar akan terus teringat hingga dewasa. Tidak hanya membacakan kisah, namun ajari anak untuk memahami sifat-sifat Allah yang Maha Sempurna.

Orang tua juga mesti memperdalam pemahamannya sebelum menanamkan ketauhidan pada anak, hal ini berguna untuk menghindari kesalahan dalam menyampaikan.

Ajak anak untuk mengaplikasikan sikap baik yang terkandung dalam kisah

Selain diceritakan, anak juga harus diajak untuk sama-sama mengaplikasikan perbuatan baik yang terkandung dalam sebuah kisah. Jadi, anak tidak hanya tahu bahwa sikap yang baik itu seperti apa tapi juga membiasakan diri untuk melakukannya sedari dini. Dari situlah anak akan mulai belajar memunculkan ketauhidannya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ajak anak untuk merenungkan ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala

Berikutnya adalah ajak anak untuk merenungkan setiap ciptaan Allah mulai dari apa yang ada di tubuhnya. Misalnya, mata. Mengapa mata bisa melihat, bagaimana jikamata tak berfungsi. Sebisa mungkin arahkan anak untuk menyadari kuasa Allah Subhanahu wa Ta’ala sangatlah nyata.

Nah, tiga hal tersebut merupakan cara untuk menanamkan ketauhidan anak. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga:

Cara Rasulullah Mendidik Anak Berdasarkan Rentang Usia

4 Cara Islam Mendidik Anak Agar Terhindar Dari Perilaku LGBT

Tips Mendidik Anak Usia 6 – 8 Tahun Dari Kiki Barkiah

7 Tips Mendidik Anak Secara Islami

(Visited 322 times, 1 visits today)