7 Tips Menjaga Keharmonisan untuk Suami Istri yang Menjalani Hubungan LDR

214 views Leave a comment
7 Tips Menjaga Keharmonisan untuk Suami Istri yang Menjalani Hubungan LDR

Dailymoslem  – Menjalani hubungan LDR atau long distance relationship bagi pasangan suami-istri mungkin bukanlah hal yang mudah untuk dilalui. Apalagi ribuan mil jarak yang memisahkan hingga ke belahan dunia lain.

Namun, kita harus menjalaninya dengan keikhlasan, apalagi jika jarak yang terpisah jauh tersebut terpaksa harus dijalani karena suami harus mencari nafkah untuk keluarga. Inilah 7 tips untuk Anda para suami-istri yang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR dari Kiki Barkiah.

Terima dengan Ikhlas

Mengeluh tidak akan membawa kita kemanapun, malah hanya akan menguras energi untuk hal yang tak perlu. Maka, terimalah hal tersebut sebagai takdir yang harus kita jalani dalam kehidupan pernikahan. Jika kita menjalani dengan ikhlas, insha Allah hal berat akan terasa ringan.

Luangkan Waktu

Di setiap sela kesibukan, selalu luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan pasangan, terutama jika sudah ada anak-anak yang membutuhkan kehadiran kedua orangtua dalam berbagai bentuk. Saat ini, kita bisa memanfaatkan berbagai kecanggihan teknologi seperti video call agar komunikasi terasa lebih dekat.

Kesepakatan

Harus ada kesepakatan di antara kedua belah pihak untuk bisa meluangkan waktu berkomunikasi kapan saja dan dimana saja, meskipun suami tidak memiliki keluangan karena sibuk bekerja. Sepakati juga waktu tertentu yang perlu diluangkan untuk berkomunikasi melalui telepon atau video call.

Jangan Acuhkan Anak

Pada saat Anda berkomunikasi dengan suami melalui telepon dan anak berada di sekitar, jangan acuhkan keberadaan anak karena anak bisa merasa cemburu dan ditinggalkan meski ia tahu ibunya sedang berkomunikasi dengan ayah mereka. Sebaiknya luangkan waktu saat anak-anak sudah tidur atau sedang beraktivitas di luar jika ingin berkomunikasi berdua saja dengan suami.

Optimalkan Waktu Istirahat

Selain berkomunikasi lewat telepon, komunikasi secara langsung dengan sebuah kunjungan tentu lebih penting. Maka, optimalkan waktu istirahat, sehingga ketika ada waktu luang bisa langsung digunakan untuk melakukan kunjungan pada keluarga di rumah.

Ayah Tetap Memutuskan

Meski anak dan ayah tinggal berjauhan, usahakan agar ayah tetap terlibat dalam pengasuhan dan pendidikan dengan membiarkannya memberi keputusan untuk hal-hal besar yang terkait pengasuhan dan pendidikan. Libatkan juga anak dalam hal ini, misalnya dengan meminta anak-anak melepon dan menanyakan pada ayahnya mengenai keputusan tertentu.

Video Luar

Untuk menguatkan figur ayah dalam memori anak, Ibu juga bisa memutarkan video-video inspiratif tentang ayah agar anak-anak tetap merasakan sosok ayah adalah salah satu elemen terpenting yang ada dalam kehidupannya.

(Visited 202 times, 1 visits today)