7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kehamilan Memasuki Usia 7 Bulan

428 views Leave a comment
7 Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Kehamilan Memasuki Usia 7 Bulan

Dailymoslem – Di usia kehamilan 7 bulan, kehamilan mulai besar dan waktu kelahiran semakin dekat. Selain menjaga kesehatan janin, Ibu hamil juga harus mulai mempersiapkan diri menjelang hari persalinan.

Dilansir dari The Asian Parents, berikut ini 7 hal yang perlu diperhatikan ibu hamil saat kehamilan memasuki usia 7 bulan.

Hati-Hati Saat Berjalan

Di awal usia trimester ketiga ini, berat janin semakin bertambah besar, yang juga akan berpengaruh pada berat badan ibu. Perhatikan keseimbangan setiap bergerak atau berjalan, karena di usia ini ibu hamil rentan terjatuh. Gunakan sepatu flat dan hindari sepatu-sepatu tinggi.

Waspadai Pre-eklampsia

Pre-eklampsia merupakan sindrom yang diderita ibu hamil, ditandai dengan tingginya tekanan darah, kenaikan protein dan juga pembengkakan pada tungkai kaki. Sindrom ini sebenarnya bisa terjadi sejak usia kandungan 20 minggu, namun di usia 7 bulan ini biasanya mulai terasa efeknya hingga persalinan.

Selain darah tinggi dan kaki bengkak, gejala lainnya biasanya berupa sakit kepala di dahi, nyeri di antara perut dan dada, gangguan penglihatan, mual, gangguan pernapasan, hingga tidak sadarkan diri. Cegah terjadinya sindrom ini dengan diet makanan rendah lemak, mengurangi garam dan istirahat yang cukup.

Kenaikan Gula Darah

Hanya ada empat persen di dunia yang mengalami kenaikan gula darah atau gestasional diabetes di usia 7 bulan kehamilan, namun hal ini tetap harus diwaspadai. Gestasional diabetes ini mungkin terjadi di usia kehamilan 24-27 minggu, namun egeknya bisa terasa hingga trimester ketiga, tepatnya di usia 7 bulan. Kurangi risiko ini dengan konsumsi makanan berserat, rajin olahraga dan kontrol berat badan.

Kelahiran Prematur

Bayi prematur bisa disebabkan karena kondisi ibu maupun lingkungan. Agar hal ini tidak terjadi, biasakan untuk disiplin kontrol kehamilan untuk memantau potensi bayi lahir prematur dan melakukan pencegahan.

Kaki Bengkak

Berat tubuh yang terus meningkat menyebabkan kaki menanggung beban yang lebih berat. Perbanyak olahraga kaki yang ringan seperti berenang atau berjalan di dasar kolam untuk menghindari kaki bengkak saat hamil.

Kelebihan Berat Badan

Selain membawa berat badan bayi, ibu hamil juga biasanya makan lebih lahap sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Konsultasikan berat badan dengan dokter Anda karena berat badan berlebihan dapat menyebabkan sesak saat beraktivitas dan juga mengganggu proses persalinan. Untuk mengontrol berat badan, kurangi karbohidrat dan perbanyak protein, buah dan sayur.

Kurang Makan Makanan Bergizi

Di usia 7 bulan, Ibu dan Ayah juga biasanya mulai menyiapkan perlengkapan bayi seperti belanja keperluan bayi dan menyiapkan kamar bayi. Jangan terlena menyiapkan berbagai perlengkapan bayi sampai Bunda lupa menyiapkan makanan sehat untuk konsumsi sehari-hari.

(Visited 182 times, 1 visits today)