7 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menjalin Kedekatan Ayah dan Anak Sejak Bayi

168 views Leave a comment
7 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menjalin Kedekatan Ayah dan Anak Sejak Bayi

Dailymoslem – Beberapa tahun ke belakang, masyarakat secara umum menganggap bahwa mengurus anak adalah sepenuhnya tugas ibu dan ayah sepenuhnya hanya bertugas mencari nafkah. Namun, seiring perkembangan ilmu pengetahuan, penelitian membuktikan bahwa keterlibatan ayah dalam proses pengasuhan anak dapat memberi dampak yang lebih baik pada tumbuh kembang anak.

Anak yang memiliki kedekatan khusus dengan ayahnya cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak memiliki kedekatan dengan sang ayah. Nah, untuk menjalin kedekatan tersebut, Ayah dan Bunda bisa memberikan peran-peran berikut ini pada Ayah dalam proses pengasuhan si kecil.

(Baca: Penelitian Membuktikan, Anak yang Dekat Ayah Memiliki IQ Lebih Tinggi)

Mengganti Popok dan Memandikan

Sudah tidak zamannya lagi ayah tidak berani mengganti popok dan memandikan anak. Tak hanya tangan ibu yang bisa memberi kelembutan pada anak saat menggantikan popok atau memandikan.

Siaga di Malam Hari

Saat anak terbangun atau rewel di malam hari, jangan biarkan hanya ibunya saja yang ditemuinya dan memberinya kenyamanan agar kembali tidur nyenyak. Kenyamanan yang diberikan dari sentuhan lembut ayah bisa menjalin kedekatan ayah dan si kecil menjadi lebih lekat dan intim.

Memeluk dan Menggendong

Pelukan hangat dari ayah dan juga menggendong di saat-saat seperti di tempat umum atau di rumah bisa membuat si kecil memiliki ikatan yang kuat dengan ayahnya.

Menyuapi

Kegiatan satu ini juga selalu identik dengan tugas ibu. Padahal, tugas ini bukanlah tugas yang terlalu sulit untuk bisa dilakukan seorang ayah. Kenyamanan dan perhatian yang seimbang dari ayah dan ibu bisa membuat anak merasa hidupnya lebih nyaman dan bahagia.

Bermain Bersama

Sesibuk apapun Anda di kantor, selalu luangkan waktu untuk bermain bersama anak. Selain bertindak sebagai orangtua yang melindungi dan memberi kenyamanan, Anda juga harus menempatkan diri sebagai teman bermain yang menyenangkan.

(Baca: Cara Mendidik Anak Secara Islami)

Beri Dukungan

Selalu beri dukungan pada saat anak melakukan hal penting atau belajar hal baru. Misalnya saat belajar mengendarai sepeda atau hari pertama masuk sekolah. Berikan juga saran saat anak harus mengambil keputusan.

Menidurkan Bayi dengan Nyanyian

Relationship goals antara anak dan ayah adalah ketika anak bisa tertidur di pangkuan ayah dengan nyanyian tidur yang disenandungkan ayah. Percayalah, bahwa ayah juga memiliki kelembutan senyaman yang ibu miliki untuk membuat anak lebih bahagia.

(Visited 357 times, 1 visits today)