7 Cara untuk Membuat Anak Kenal dan Cinta Pada Ramadhan

773 views
ramadhan kids

Dailymoslem – Memperkenalkan bulan Ramadhan pada anak akan menjadi hal yang menyenangkan jika kita melakukannya dengan baik. Bahkan, bisa jadi cara kita memperkenalkan bulan Ramadhan pada si kecil juga justru membuat kita sendiri lebih mencintai dan memaknai bulan Ramadhan.

Nah, bagaimana caranya memperkenalkan bulan Ramadhan pada si kecil agar dia mencintai bulan Ramadhan, yuk lakukan hal-hal berikut ini.

Buat Dekorasi Ramadhan

Agar anak lebih semangat untuk menyambut dan menjalani ibadah di bulan Ramadhan, bunda bisa membeli atau membuat kerajinan tangan khas Ramadhan yang bisa dipajang di kamar si kecil atau di sudut-sudut rumah. Kegiatan membuat kerajinan tangan juga bisa membunuh kebosanan dan mengalihkan perhatian saat anak yang belajar puasa mulai merasa lapar.

Buat Kalender Ramadhan yang Menarik

Ramadhan hanya berlangsung selama tigapuluh hari, manfaatkanlah hari-hari tersebut dengan baik dan tepat. Caranya, ajak si kecil untuk membuat kalender Ramadhan dan mencatat ibadah apa saja yang berhasil dilakukannya di hari tersebut sehingga ia bisa melihat pencapaiannya di bulan Ramadhan. Hal ini pasti jadi lebih menarik untuk si kecil.

image1-How-to-Get-Your-Kids-to-Look-Forward-to-and-Love-Ramadan-600

Tetapkan Pencapaian Ramadhan Kali Ini

Tidak ada salahnya juga menentukan pencapaian untuk si kecil di bulan Ramadhan kali ini. Misalnya puasa sampai dzuhur selama 30 hari untuk anak yang mulai belajar puasa atau puasa penuh selama 30 hari untuk anak yang sudah mulai bisa diajak puasa. Jika si kecil berhasil mencapainya, berikan hadiah yang diinginkannya.

(Baca juga: Bagaimana Caranya Mengetahui Anak Sudah Siap Diajak Puasa atau Belum?)

Buat Makanan yang Menarik untuk Buka dan Sahur

Agar si kecil juga semangat untuk bangun sahur dan tidak bengong saat menjelang buka, ajak si kecil untuk membuat makanan mereka sendiri. Ajarkan juga tentang makanan-makanan kesukaan Rasulullah untuk buka puasa seperti kurma atau susu.

Ceritakan tetang Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an

Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an. Sampaikanlah hal ini pada si kecil dengan disertai kisah-kisah dalam Al-Qur’an yang diceritakan dengan gaya dongeng. Perkenalkan juga si kecil pada pentingnya Al-Qur’an dengan cara yang disukai anak-anak, yaitu dengan mendongeng.

Beri Kesempatan Anak untuk Memberi Sedekah

Beri kesempatan juga untuk si kecil ambil bagian dalam salah satu hal terpenting di bulan Ramadhan, yaitu membayar zakat fitrah, apalagi jika kita membayarkannya langsung ke kaum fakir miskin. Biarkan si kecil merasakan indahnya berbagi dan punya teman baru.

Buat Tenda Itikaf yang Unik dan Menarik untuk Si Kecil

image5-How-to-Get-Your-Kids-to-Look-Forward-to-and-Love-Ramadan-600.jpg

Meski masih kecil, bunda juga bisa menjelaskan pada si kecil pengertian tentang itikaf dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak. Ajak juga anak untuk mempraktekkannya dan membuatkan tenda itikaf yang unik dan menarik. Siapa tahu si kecil benar-benar memaknai waktu sendiriannya di dalam tenda itikaf untuk berdo’a, sehingga ia bisa mendapatkan kedamaian dari itikaf itu?

Yuk, kita ajarkan anak untuk mencintai bulan Ramadhan di usia yang sedini mungkin.

(Baca juga: Cara Mengajari Anak Berpuasa Ala Astrid Kuya)

(Visited 682 times, 1 visits today)