5 Tips Ampuh untuk Menyapih Si Kecil

128 views Leave a comment
5 Tips Ampuh untuk Menyapih Si Kecil

Dailymoslem – Menyapih anak menjadi tantangan tersendiri bagi ibu, terutama bagi ibu baru yang pertama kali punya anak. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, Bunda┬ádapat menyapih si kecil dengan sukses tanpa repot.

Dilansir dari parenting.co.id, berikut ini 5 tips ampuh untuk menyapih si kecil berdasarkan saran dari psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Pertama, Bunda bisa mengoleskan payudara dengan getah brotowali yang pahit atau air larutan kunyit yang getir. Anak akan menolak saat hendak menyusu karena rasanya yang pahit, namun bahan-bahan ini tidak bahaya jika tertelan anak.

Kedua, Bunda bisa mencoba disiplin dengan menerapkan pembatasan pada tempat dan waktu. Misalnya ketika anak bayi, dia bisa menyusu dimanapun ia mau. Tapi ketika memasuki usia 1 tahun, Bunda hanya membatasi boleh menyusu di rumah saja dan menggunakan dot di tempat umum. Bunda juga bisa membatasi waktu menyusu, misalnya hanya boleh saat menjelang tidur di malam hari. Lama-kelamaan anak bisa terbiasa untuk melepaskannya.

Ketiga, Bunda bisa menjadikan kegiatan menyapih jadi lebih menyenangkan dengan memberi tantangan pada anak. Misalnya mencontreng tanggal di kalender setiap anak berhasil melewati satu hari tanpa menyusu. Bunda juga bisa memberi reward jika dalam sebulan anak memenuhi target tertentu untuk tidak menyusu.

Keempat, komunikasi. Bunda bisa mengkomunikasikannya pada si kecil dengan kalimat dukungan seperti, “kamu sudah besar, anak besar minum susunya dari gelas.” Hindari kalimat-kalimat yang membuat anak rendah diri seperti, “Katanya sudah besar, masa masih menyusu?┬áMalu, dong.”

Kelima, poin yang paling penting adalah meyakinkan diri sendiri bahwa memang sudah waktunya anak lepas dari ASI. Terkadang orangtua yang tidak tega melihat anak menangis yang membuat proses mennyapih jadi lebih panjang dan penuh drama. Menurut Vera, masa menyapih memang menantang tak hanya untuk anak, tapi juga untuk ibu. Terkadang ada juga ibu yang merasa tidak percaya diri atau merasa tidak dibutuhkan lagi ketika harus berhenti ASI.

(Visited 80 times, 1 visits today)