5 Tips Aman Mengunggah Foto Anak Di Media Sosial

846 views

Dailymoslem – Di tengah pesatnya arus teknologi saat ini, banyak ibu yang suka menguggah foto buah hatinya di media sosial. Bahkan tak jarang juga ibu yang sengaja membuatkan akun media sosial khusus untuk anaknya agar bisa berbagi momen-momen si kecil.

Akun sosial media milik anak dari kalangan artis bahkan bisa mengundang lebih banyak followers dan likers daripada orangtuanya sendiri. Memang lebih banyak orang yang menyukai aksi lucu si kecil daripada aktivitas orang dewasa.

Namun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat mengunggah foto si kecil, misalnya beberapa hal berikut ini.

Jangan Terlalu Banyak Informasi Di Dalam Foto

Pastikan foto yang diunggah di media sosial tidak mengandung terlalu banyak informasi tentang anak kita, misalnya foto dengan latar belakang sekolah, halaman rumah, atau mungkinn aktivitas rutin anak kita di lokasi tertentu. Hal ini bisa memudahkan orang yang berniat buruk untuk melacak keberadaan anak kita setiap hari.

Selain bahaya penculikan, hal ini juga bisa mengundang kasus pemerasan yang biasanya menggunakan alibi sekolah. Pelaku biasanya mengatasnamakan sekolah dan menyebutkan anak mengalami kecelakaan. Berhati-hatilah dengan hal seperti ini ya, Bunda.

Hindari Foto Tidak Berbusana

Meski masih anak-anak, hindari mengunggah foto anak yang tidak berbusana ya, Bunda. Foto-foto semacam ini bisa mengundang niat buruk dari pelaku pelecehan anak yang tersebar di luar sana. Seperti kita ketahui, jutaan orang yang tidak kita ketahui tersebar di luar sana.

(Baca juga: 10 Tipe Mama yang Mondar-Mandir Di Media Sosial, Yang Manakah Bunda?)

Pengaturan Privasi

Sebelum mengunggah foto si kecil, perhatikan juga pengaturan tentang privasi di website tersebut. Biasanya anda juga bisa mengatur apakah foto yang anda unggah bisa dilihat oleh siapa saja, termasuk mereka yang menjadi teman anda, bisa juga diatur sehingga foto tersebut hanya bisa dilihat oleh mereka yang belum menjadi teman anda.

Namun tetap saja, foto yang telah diunggah ke sosial media tidak dapat kita kontrol peredarannya. Jika seseorang telah mendownloadnya, maka kita tidak dapat mengontrol lagi kemana foto tersebut beredar. Sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih foto yang akan diunggah ke media sosial.

Perhatikan Apakah Ada Anak Lain Di Foto Tersebut

Seorang ibu di Amerika yang mengunggah foto anaknya yang sedang bernyanyi di pentas sekolah bersama teman-temannya mendapat email teguran dari ibu lainnya yang tidak suka ada foto atau video anaknya yang tersebar di media sosial. Tidak semua orangtua menginginkan anaknya berada di media sosial. Jadi, kita harus berhati-hati juga dengan hal ini. Pastikan apa yang kita lakukan tidak membuat orang lain merasa dirugikan.

Tidak Terlalu Banyak Mengunggah Foto Anak Di Media Sosial

Saat kita terlalu banyak mengunggah foto anak di media sosial, bisa jadi secara tidak sadar kita justru memberikan terlalu banyak informasi tentang anak pada mereka yang berniat buruk. Jadi, cukup unggah foto-foto tertentu saja, biarlah kebahagiaan melihat momen perkembangan anak menjadi milik kita dan keluarga saja.

(Baca juga: Terlalu Sering Mengunggah Foto Anak Di Media Sosial, Shireen Sungkar Ditegur Instagram)

Nah, Bunda, itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengunggah foto anak ke media sosial. Jangan sampai niat baik kita yang awalnya hanya ingin berbagi momen bahagia bersama si kecil justru menjadi sesuatu yang membahagiakan bagi si kecil.

(Visited 355 times, 1 visits today)