5 Hal “Nggak Garing” yang Bisa Ditanyakan Pada Anak Sepulang Sekolah

195 views Leave a comment
5 Hal "Nggak Garing" yang Bisa Ditanyakan Pada Anak Sepulang Sekolah

Dailymoslem – Sebagai orang yang pernah merasakan jadi anak usia SD, saya merasa pertanyaan “Gimana tadi sekolahnya?” adalah pertanyaaan paling membosankan dan membingungkan. Paling dijawab, “yaa gitu deh,” atau “biasa aja.”

Padahal, tujuan orangtua menanyakan hal tersebut mungkin memang sungguh-sungguh karena orangtua ingin tahu perkembangan anak di sekolah. Karena jawaban yang tidak pernah memuaskan orangtua, maka pertanyaan berkembang jadi, “belajar apa tadi di sekolah?”

Well, pertanyaan ini akan semakin membingungkan lagi. Jika anak berada di sekolah selama 5-7 jam kemudian orangtua menanyakan “belajar apa tadi di sekolah?,” masak anak harus mengulang lagi pelajaran selama 7 jam di sekolah tadi pada orangtua mereka?

Hasilnya, dialog sepulang sekolahpun menjadi menyebalkan dan membuat anak ingin segera masuk kamar. Daripada menanyakan hal-hal di atas yang tidak memberi informasi apapun pada kita orangtua, Bunda bisa coba tanyakan 5 pertanyaan berikut ini pada anak usia SD atau TK untuk memancing anak menceritakan aktivitas di sekolahnya dengan cara yang menyenangkan. Dengan begitu, Bunda pun bisa tahu perkembangan anak di sekolah.

Bu/Pak Guru Bilang Apa Sama Kamu Hari Ini?

Pertanyaan ini bisa menggali informasi tentang kedekatan anak dengan guru mereka atau juga memantau sikap anak di sekolah hari ini. Pertanyaan ini akan memberi bocoran apakah hari ini anak mendapat teguran atau pujian dari guru, atau sekedar hari sekolah yang biasa saja.

Bu/Pak Guru Pakai Baju Apa Hari Ini?

Pertanyaan ini mungkin tidak penting, tapi pertanyaan ini cukup menarik bagi anak usia TK atau SD kelas 1-2. Anak bisa mengasah memorinya tentang penampilan guru mereka hari ini juga belajar warna. Anak usia TK biasanya akan menjawab mulai dari warna baju, warna celana, sampai warna kerudung.

Hari Ini Ada yang Lucu Nggak Di Sekolah?

Terkadang saat paling menyenangkan di sekolah bukanlah saat belajar, tapi saat bermain bersama teman. Pertanyaan semacam ini yang bisa membuat anak mau berdialog sebentar sepulang sekolah dan tidak masuk kamar. Anak akan merasa seperti mengobrol dengan teman dan ia bisa sangat semangat menceritakan hal yang sangat ia sukai hari ini.

Tadi Waktu Istirahat Main Sama Siapa? 

Sebagai orangtua, tentu kita harus tahu teman-teman terdekat anak, dimulai dari anak-anak yang sering bermain bersamanya saat di sekolah. Bukan hanya menjawab nama anak yang bermain dengannya, pertanyaan ini juga bisa memancing anak bercerita tentang kesan ia terhadap teman-teman yang bermain dengannya dan dapat mencurahkan perasaannya.

Tadi Di Sekolah Ada yang Ganggu Nggak?

Tak semua anak mau menceritakan hal buruk yang mereka alami. Jika anda memiliki kedekatan khusus dengan anak, mungkin saja anak bisa bercerita tentang hal yang mengganggunya di sekolah tanpa harus anda tanyakan. Pertanyaan ini harus anda tanyakan sekali-kali pada anak sepulang sekolah agar kita tahu apa yang mengganggu anak di sekolah dan bagaimana mengatasinya, apakah dari diri anak sendiri atau harus kita komunikasikan dengan guru.

Nah, itulah beberapa hal “nggak garing” yang bisa Bunda tanyakan pada si kecil, dijamin nggak akan membuatnya bete dan ingin segera masuk kamar, melainkan menghabiskan waktu berjam-jam untuk cerita tentang pengalaman mereka di sekolah hari ini. Semoga berhasil!

(Visited 248 times, 1 visits today)