5 Games yang Bisa Dilakukan Bunda Untuk Melatih Otak Kanan Anak

154 views Leave a comment
5 Games yang Bisa Dilakukan Bunda Untuk Melatih Otak Kanan Anak

Dailymoslem – Otak kiri biasanya digunakan untuk berpikir secara logis dan rasional, melakukan perencanaan dan mengingat. Sementara itu, otak kanan lebih bersifat imajinatif dan kreativitas. Keduanya sama-sama dibutuhkan untuk kecerdasan anak. 

Nah, untuk melatih kecerdasan otak kanan anak, Bunda bisa melakukan berbagai games yang sebenarnya bisa dirancang sendiri di rumah, misalnya 5 games berikut ini.

Tebak Gambar

Anak di usia balita dan batita pasti paling suka menggambar dengan mengeksplorasi berbagai pilihan warna. Untuk semakin mengasah kecerdasan otak kanan anak, Bunda bisa mengajak anak bermain tebak gambar. Caranya mudah, Bunda cukup menggambar bentuk-bentuk tertentu seperti hewan atau benda, kemudia meminta anak menebak gambar tersebut. Beri kesempatan juga pada anak untuk menggambar dan Bunda menebaknya.

Game Fashion

Jika Bunda punya anak perempuan, sekali-kali boleh juga diajak bermain game fashion yang biasanya bisa dimainkan di Android dan iOS. Ajak anak untuk berimajinasi memadu-padankan pakaian dan warna yang cocok. Tapi, batasi waktu anak bermain dengan gadget dan jangan biarkan matanya berada terlalu dekat dengan layar gadget karena bisa merusak kesehatan mata.

Melanjutkan Cerita

Bunda juga bisa melatih kecerdasan otak kanan anak dengan games melanjutkan cerita. Caranya, beri sebuah awal cerita yang Bunda karang sendiri, kemudian minta anak untuk melanjutkan cerita tersebut sampai selesai. Misalnya, tentang putri di kerajaan, tentang seorang pemuda yang memancing dan menemukan ikan yang bisa bicara, dan juga cerita-cerita imajinatif lainnya.

Bermain Peran

Ajak anak untuk memerankan suatu kondisi atau tokoh, pilih tokoh yang disukai anak agar suasana semakin menyenangkan. Bunda juga bisa memainkan peran tentang suatu profesi tertentu yang dicita-citakan anak.

Membuat DIY

Permainan satu ini bisa bunda dapatkan dengan mudah di internet. Gunakan berbagai alat seperti kertas, cat air dan peralatan lainnya. Misalnya membuat gambar dari tempelan kertas, ataupun mewarnai gambar ranting pohon dengan menggunakan jempol yang sudah dicelup ke cat air. Untuk mengajarkan anak mencintai lingkungan, Bunda juga bisa mengajak anak membuat DIY dari barang-barang yang sudah tidak terpakai di rumah.

Nah, itulah beberapa games yang bisa Bunda coba untuk mengasah otak kanan anak agar kreatifitas dan imajinasinya berkembang dengan baik. Semoga bermanfaat!

(Visited 325 times, 1 visits today)