5 Cara Kreatif Agar Anak Tak Susah Dibangunkan untuk Sahur

428 views
sahur anak

Dailymoslem – Salah satu tantangan bagi para orangtua yang mulai mengajak anaknya untuk berpuasa adalah membangunkan sahur. Di jam-jam sahur, biasanya anak masih tidur nyenyak tanpa bisa diganggu. Tapi, saat berpuasa anak mau tak mau harus bangun sahur.

Cara membangunkan sahur bisa sangat berpengaruh pada mood anak saat menjalani puasa. Mood yang sudah terbangun dengan baik sejak sahur akan membuat anak menjalani puasa dengan lebih happy dan tidak banyak rewel.

Mau tahu cara seru membangunkan anak untuk sahur? Yuk, intip di bawah ini.

Beri Bocoran untuk Menu Sahur yang “Yummy”

Malam hari sebelum tidur, beri bocoran pada anak menu spesial untuk sahur nanti agar anak lebih semangat untuk bangun. Jangan lupa untuk meyiapkan menu spesial yang memang disukai si kecil agar ia bisa excited dengan menu tersebut.

(Baca juga: 7 Cara untuk Membuat Anak Kenal dan Cinta pada Ramadhan)

Ajak Anak Memasak Makanan Kesukaannya

Meski melelahkan, beberapa anak suka untuk diajak ‘bertempur’ di dapur untuk menyelesaikan makanan spesial. Apalagi jika mereka boleh menghias makanan mereka sendiri. Coba ajak anak untuk memasak bersama agar suasana sahur lebih menyenangkan.

Ajak Anak Menentukan Jam Sahurnya Sendiri

Bunda juga bisa mengajak anak mengatur sendiri jam pada alarm yang akan membangunkan mereka untuk sahur nanti. Sehingga ketika Bunda membangunkannya, si kecil sudah tahu bahwa itulah jam yang ditentukannya sendiri. Ajak

(Baca juga: Bagaimana Caranya Mengetahui Anak Sudah Siap Diajak Puasa atau Belum?)

Ajak Langsung Tidur Setelah Tarawih

Agar anak tidak mengantuk saat bangun sahur, usahakan untuk mempercepat waktu tidur dari biasanya. Misalnya, mengajak anak untuk langsung tidur setelah tarawih, sehingga jam tidur tetap panjang meski nanti harus bangun dini hari.

Beri Reward

Reward atau hadiah juga bisa menjadi semangat bagi anak untuk menjalankan puasa. Berikan hadiah tertentu yang sedang diinginkan anak misalnya jika anak bisa menyelesaikan puasa selama sebulan penuh, atau konsekuensi hadiah yang dikurangi jika ada hari-hari yang bolong.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Bunda terapkan untuk membangunkan si kecil saat sahur agar puasanya lancar seharian.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

(Visited 473 times, 1 visits today)