3 Dampak Positif Jika Celoteh Anak Selalu Didengarkan

282 views Leave a comment
3 Dampak Positif Jika Celoteh Anak Selalu Didengarkan

Dailymoslem – Mari kita ingat kembali kapan terakhir kita berbicara dan mengdengarkan ocehan anak. Apakah baru saja, sehari yang lalu atau bahkan lupa saking jarangnya. Beberapa orang tua memang ada yang tidak memiliki banyak waktu dengan anak, yang disebabkan oleh kesibukan dengan pekerjaannya.

Meskipu begitu, bercengkrama dengan anak merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh para orang tua. Selain dapat mengetahui bagaimana perkembangannya, orang tua pun akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut ini.

Meminimalisir Tantrum Pada Anak

Tantrum, atau kondisi dimana anak meluapkan emosi besar-besaran adalah salah satu hal yang tidak ingin kita alami. Biasanya kondisi ini dipengaruhi oleh rasa ketidak puasan anak karena keinginannya tidak terpenuhi atau tidak paham bagaimana cara mengungkapkan keinginannya da mencari perhatian orang tua.

Mendengarkan celotehan anak, dengan tidak kita sadari dapat meminimalisir kondisi diatas. Anak merasa mendapatkan perhatian ketika orang tua mendengarkan apa yang ia pikir dan rasakan sehingga tidak aka mencari perhatian dengan melakukan hal-hal yang tidak perlu.

Mendapat Kepercayaan Dari Anak

Hal satu ini pasti sangat berguna dikemudian hari. Terutama saat anak beranjak dari dewasa. Untuk mendapatkannya sebaiknya mulai dari sekarang kita harus banyak bencengkrama dengan anak, mendengarkan apa yang telah dilaluinya dalam sehari atau masalah apa yang sedang dihadapinya.

Saat orang tua mau mendengarkan cerita serta keluhan anak, maka saat itulah anak mulai nyaman dan percaya bahwa ada seseorang yang akan selalu membantunya. Sehingga ia tidak akan mencari tempat lain atau cara lain untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Mengerti Kelebihan dan Kekurangan Anak

Semakin sering kita becengkrama dengan anak, mendengarkan keluhan serta sejumlah ceritanya sehari-hari kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan anak. Dari situlah kita bisa mengarahkan anak pada hal-hal yang dapat mengasah potensinya dan menghindarkan anak dari hal-hal yang tidak disukainya.

Beberapa poin diatas itulah yang akan kita dapatkan jika meluangkan waktu untuk mendengarkan celotehan anak. Selain mendekatkan orang tua dengan anak secara emosional, kita pun dapat mengambil tindakan yang tepat yang tentunya dibutuhkan oleh anak.

Baca Juga:

Penyakit-Penyakit Yang Akan Menjangkit Bayi Jika Orang Tua Merokok

Beginilah Cara Islam Mengenai Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Wafat

Kamu Mungkin Tidak Tahu, 9 Hal Ini yang Dirasakan Orangtua Saat Anaknya Akan Menikah

Orangtua Tidur Seranjang Dengan Bayi, Amankah?

(Visited 1 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS