3 Cara Mendidik Anak Agar Bisa Patuh Tanpa Merasa Diperintah

138 views Leave a comment
3 Cara Mendidik Anak Agar Bisa Patuh Tanpa Merasa Diperintah

Dailymoslem – Punya anak memang selalu menjadi tantangan untuk setiap orangtua. Terutama untuk anak usia sekolah dasar hingga remaja yang seringkali sulit untuk bisa patuh dan malah dicap anak nakal oleh orangtuanya sendiri.

Padahal, mungkin anak menjadi tidak patuh karena cara kita yang salah atau waktu yang tidak tepat untuk memberi perintah pada anak. Kita sebagai orang dewasa yang justru harus memahami kondisi psikis anak. Nah, berikut ini adalah trik yang perlu dilakukan orangtua agar anak bisa patuh tanpa merasa diperintah.

Buat Perintah Definitif

Kebanyakan anak tidak menuruti perintah orangtua karena perintah dari orangtua terlalu umum dan tidak jelas seperti, “bereskan tempat tidurmu,” atau “sudah jam 8, waktunya belajar. Agar anak lebih memahami perintah, buat perintah menjadi tugas-tugas kecil seperti, “sapu lantai kamarmu,” “rapikan tempat tidurmu,” atau “coba buka lagi buku yang tadi dipelajari di sekolah.”

Jika anak menunjukkan perilaku yang buruk, hindari kalimat “yang sopan nak, jangan nakal.” Tapi gunakan kalimat seperti, “jangan lari-lari, duduklah,” atau beri alternatif mainan pada anak agar ia tidak bermain dengan berlari-lari.

Hindari Berteriak

Anak-anak terkadang terlalu fokus melakukan sesuatu atau bermain sesuatu, apalagi daya imajinasinya masih tinggi. Jadi, bisa jadi anak tidak memahami saat Bunda memanggilnya dan memberinya perintah. Jika hal ini terjadi, hindari berteriak dan membentaknya karena ia tidak mendengarkan. Sentuh dengan lembut dan ulangi perintah agar anak tidak merasa sebal dengan perintah Bunda.

Waktu yang Tepat

Terkadang orangtua juga tidak memahami waktu-waktu yang tepat untuk memberi perintah pada anak. Misalnya menyuruh anak membereskan kamar sementara ia sedang ada masalah dengan temannya, sehingga ia tidak ingin melakukan apapun. Oleh karena itu, orangtua harus memiliki kedekatan khusus dengan anak agar tahu apa saja yang terjadi pada anak, agar orangtua bisa menjadi tempat mencurahkan isi hati dan berkonsultasi.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Ayah dan Bunda lakukan agar si kecil bisa menjadi anak yang patuh. Coba diingat-ingat kembali, apa selama ini anak yang memang tidak patuh atau kita yang tidak memahami kondisinya?

(Visited 915 times, 1 visits today)