10 yang Harus Diperhatikan Wanita Karier Agar Urusan Anak Tak Jadi Nomor Dua

369 views Leave a comment
10 yang Harus Diperhatikan Wanita Karier Agar Urusan Anak Tak Jadi Nomor Dua

Dailymoslem – Bagi beberapa orang, menjadi ibu bekerja mungkin memiliki dilema tersendiri. Di satu sisi, posisi sebagai ibu harus dipertanggungjawabkan. Di sisi lain, keinginan untuk mengembangkan diri melalui karier adalah hal yang tak bisa ditinggalkan.

Nah, bagi anda para ibu yang harus berjibaku dengan waktu bekerja, ada 10 hal rahasia yang bisa menjadi kunci sukses anda mendidik anak-anak hebat yang punya ikatan emosi dengan anda, tanpa juga harus meninggalkan karier anda.

Tingkatkan Spiritualitas

Di tengah semua kesibukan kita, sempatkanlah selalu untuk mendekatkan diri kepada Allah agar semua aktivitas yang kita jalani mendapat berkah-Nya, juga agar kita tetap berada di jalan yang diridhoi-Nya.

Pahami Tanggung Jawab Anda

Sebelum memutuskan untuk punya anak, tentu anda harus terlebih dulu memahami tanggung jawab sebagai seorang ibu. Andalah orang pertama yang bertanggung jawab atas akhlaq dan ilmunya, bukan hanya urusan sehari-harinya saja. Karena anda telah mengambil keputusan untuk menjadi ibu dan berkarier, maka anda harus bisa menyeimbangkan keduanya.

Tetapkan Prioritas

Tetapkan prioritas anda setiap hari, misalnya menyiapkan sarapan dan menemani anak mengerjakan PR. Maka, meskipun di hari tersebut anda tidak bisa menjemputnya pulang sekolah atau tidak bisa mengikuti satu keinginannya saja, maka setidaknya hal yang jadi prioritas tetap anda jalankan.

Punya Dua Tanggung Jawab, Tidak Berarti Ada Di Dua Tempat

Jika anda sedang berada di rumah, maka jadilah diri anda yang berada di rumah. Kesampingkan semua urusan pekerjaan yang bisa anda urus ketika anda sedang berada di kantor. Percuma saja jika anda berada di sekitar anak tapi tetap sibuk dengan laptop atau smartphone untuk mengurus urusan kerja.

Quality Time dengan Anak

Untuk membangun ikatan emosional dengan anak, luangkan waktu khusus untuk dihabiskan berdua saja dengan anak. Misalnya jalan-jalan di akhir pekan, curhat semalaman di kamar, atau belanja bareng jika Anda punya anak perempuan.

Pilih Pekerjaan yang Fleksibel

Agar penyeimbangan urusan anak dan urusan karier tidak jadi berantakan, pilihlah pekerjaan yang se-fleksibel mungkin, misalnya membolehkan anda sekali-kali membawa anak ke kantor atau membolehkan pulang lebih awal di waktu-waktu tertentu asal digantikan dengan waktu lain. Karena begaimanapun seimbangnya, urusan anak tetap harus lebih prioritas karena tanggung jawab kita kepada Allah, sedangkan urusan pekerjaan tanggung jawab kita hanya sebatas pada atasan saja.

Tentukan Schedule

Agar tidak ada yang terlewat setiap harinya, tetap kan jadwal rutin dalam setiap harinya untuk menyelesaikan urusan anak dan juga urusan kerja.

Buat Ibu Bekerja, Hari Sudah Di Mulai Sejak Malam

Sebelum anda memejamkan mata di malam hari, tentukan dulu jadwal untuk esok hari, sehingga besok tidak perlu repot atau terburu-buru karena anda sudah tahu apa yang harus dilakukan pertama kali.

Bangun Lebih Awal

Bagi ibu bekerja, pagi hari bisa jadi saat yang sangat menyibukkan. Maka, Ibu harus bangun lebih awal agar bisa menyiapkan segala sesuatunya sebelum anak siap berangkat sekolah.

Gunakan Teknologi

Gunakan teknologi ntuk memudahkan Anda memantau aktivitas dan kebutuhan anak. Jangan lupa berikan pendidikan dan pendekatan yang baik pada anak untuk menggunakan perangkat teknologi agar tidak kemudian menyalahgunakannya.

Pada intinnya, kita tetap harus memahami tanggung jawab dan kewajiban kita sebagai seorang ibu jikapun lebih memilih untuk terus mengembangkan diri dalam karier. Jika tujuannya baik, insha Allah kita berada di jalan yang benar. Aamiin.

(Visited 449 times, 1 visits today)