10 Kiat untuk Mengatasi Baby Blues

844 views

Dailymoslem – Baby blues biasanya dialami oleh para ibu yang baru melahirkan anak pertama. Biasanya gejalanya adalah rasa tertekan, sedikit murung, sedih, mudah menangis, mudah terharu dan perubahan emosi yang cukup cepat.

Baby blues juga biasanya dialami ibu karena sang ibu belum siap menghadapi semua kesibukan dan konsekuensi untuk memiliki anak, atau ibu yang terlalu idealis dalam mengurus anak, namun pada prakteknya ternyata banyak hal yang tidak sesuai keinginannya, sehingga menimbulkan rasa tertekan dan emosi yang mudah berubah.

(Baca juga: Hati-Hati Bunda, Ini Bahaya Terlalu Banyak Mengunggah Foto Anak Di Media Sosial)

Nah, untuk menghindari baby blues, siapkan hal-hal berikut ini sejak masa kehamilan anda.

Siapkan mental untuk menghadapi hal-hal yang tidak diduga saat persalinan, misalnya operasi caesar yang mendadak atau kemungkinan lainnya.

Bekali diri dengan pengetahuan mengenai proses persalinan dan berbagai komplikasi yang mungkin terjadi, lengkap dengan cara-cara mengatasinya.

Siapkan diri untuk menerima dengan lapang dada jika setelah melahirkan nanti anda harus dipisahkan dengan bayi karena bayi harus menerima perawatan khusus, juga apabila bayi mengalami kelainan ataupun komplikasi.

Boleh saja Ibu memiliki standar tersendiri untuk mengurus dan merawat bayi, tapi usahakan untuk tidak terlalu kaku. Misalnya anda bertekad ingin memberi ASI eksklusif, namun ternyata kondisi anda tidak memungkinkan untuk memberi ASI eksklusif. Hal ini akan menyebabkan anda merasa tertekan.

Mengurus berbagai kebutuhan si kecil mulai dari yang paling detail sampai yang paling umum memang menjadi keinginan setiap ibu. Namun, cobalah untuk realistis membiarkan suami dan keluarga turut membantu mengurus bayi anda.

Memiliki seseorang untuk berbagi segala kesusahan kita dalam mengurus anak juga dapat menjadi pengurang beban. Dalam hal ini, sahabat terbaik atau suami bisa menjadi tempat yang tepat untuk menceritakan semuanya.

Jika anda memiliki kesulitan untuk bercerita pada suami dan keluarga mengenai kendala dalam mengurus anak, anda bisa berkonsultasi pada dokter.

Usahakan anda masih punya waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama suami, misalnya menonton film atau pergi berdua dengan suami.

Sabar selalu menjadi kunci utama dalam menjalani segala ujian Allah. Selain itu, menyadari bahwa perasaan ini adalah perasaan yang normal bisa membuat anda merasa tidak perlu terlalu banyak ambil pusing.

Terakhir, ikhlas dan ridho dalam menjalani semua ini. Kita sudah diberi amanah oleh Allah untuk memiliki seorang buah hati, maka tugas kita selanjutnya adalah melakukan tugas baru kita ini dengan keikhlasan dan keridhoan hati.

(Baca juga: 2 Do’a Mustajab untuk Mendapatkan Keturunan yang Sholeh)

Nah, Bunda, itulah beberapa hal yang perlu Bunda siapkan menjelang persalinan agar terhindar dari baby blues. Kuncinya adalah kita harus selalu menyerahkan segala ujian dan cobaan kepada Allah. Insha Allah dengan amanah yang diberikan ini berarti kita memang punya kemampuan untuk melakukannya.

(Visited 349 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]