10 Cara Mengatasi Anak Stress atau Frustasi

265 views Leave a comment
10 Cara Mengatasi Anak Stress atau Frustasi

Dailymoslem – Kondisi stress atau frustasi yang terjadi pada anak bisa memengaruhi psikos dan pertumbuhannya kelak. Oleh sebab itu, penting bagi ibu untuk memahami kondisi tersebut dan mengatasinya dengan baik.

Berikut ini 10 tips untuk mengatasi anak stress dan frustasi ala Kiki Barkiah.

Pertama, kita harus memahami bahwa kondisi anak stress ini merupakan suatu kewajaran karena adanya gap antara keinginan dan kemampuan. Seringkali orangtua justru ikut stress saat menghadapi kondisi ini dan  justru malah memperparah keadaan.

Kedua, bantu anak untuk lebih mampu melakukan apa yang diinginkannya. Misalnya, Bunda bisa melepas bantuan secara bertahap agar ia bisa melakukan apa yang diinginkannya. Melepas bantuan secara mendadak justru akan membuat anak semakin stress karena ia semakin kesulitan melakukan apa yang diinginkannya.

Ketiga, bantu anak untuk mengungkapkan keingnannya dengan cara yang baik. Luangkan waktu berdua dengan anak untuk membicarakan apa yang sebenarnya ia inginkan dan ajarkan ia cara mengungkapkannya.

Keempat, jik keinginan tidak memungkinkan untuk direalisasikan saat itu, bantu anak untuk mengalihkan keinginannya menjadi sesuati yang lain yang lebih baik.

Kelima, Bunda juga bisa memberi kesempatan pada anak untuk menenangkan dirinya sendiri sampai ia siap untuk mengungkapkan apa yang dia inginkan atau merealisasikan keinginannya.

Keenam, terkadang, Bunda juga bisa menghentikan bantuan untuk memberinya kesempatan untuk belajar bersikap yang wajar dan belajar menghadapi masalah. Jadi, bersikaplah seolah tidak apa-apa saat anak menunjukkan gejala stress. Kenali gejala anak stress berikut ini.

Ketujuh, ajarkan pada anak untuk menunda beberapa keinginan yang tidak mungkin atau tidak perlu direalisasikan saat itu juga. Anak juga perlu tahu bahwa tidak semua hal yang ia inginkan di dunia ini harus terpenuhi.

Kedelapan, kesabaran adalah kuncinya. Tetaplah bersabar dalam membimbing dan melatih anak untuk berperilaku lebih tepat.

Kesembilan, jadilah contoh yang baik bagi anak. Berikan teladan kepada anak untuk memenej stress, misalnya dengan menempatkan keinginan sesuai kemampuan.

Terakhir, berikan juga teladan pada saat menemukan kenyataan yang tak sesuai dengan harapan atau keinginan. Misalnya ketika Bunda sekeluarga akan berlibur ke suatu tempat tapi tempat tersebut tutup sesampainya di sana. Hindari mengeluh atau marah-marah, sebarkan energi positif dengan tetap ceria mencari tempat lain.

Semoga bermanfaat!

(Visited 287 times, 1 visits today)