10 Cara Bentuk Kecerdasan Anak Sejak Di Dalam Kandungan

3855 views Leave a comment
Bolehkah Menggugat Cerai Dalam Keadaan Hamil?

Dailymoslem – Bagi seorang perempuan, kehamilan merupakan suatu proses besar yang membutuhkan perhatian. Apalagi untuk kehamilan pertama. Masa kehamilan juga bisa menjadi waktu yang paling dini dan efektif untuk membentuk kecerdasan anak.

Yup! mendidik anak menjadi anak yang cerdas bukan hanya bisa dilakukan setelah anak terlahir, bahkan bisa juga dibentuk sejak dari dalam kandungan dengan kebiasaan-kebiasaan kita yang bisa menstimulasi otak anak.

Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan ibu hamil yang bisa membentuk kecerdasan anak sejak dalam kandungan? Berikut ini liputannya.

“Mengobrol” dengan Bayi

Di usia kehamilan 16 minggu, mulailah untuk mengajak bayi anda bicara, karena di usia ini semua syaraf yang menghubungkan telinga dan otak telah terbentuk sempurna, sehingga bayi bisa mendengar ucapan anda. Dengan mengajaknya bicara maka anda melatih fungsi syaraf-syaraf otaknya.

Tetap Beraktivitas

Bukan berarti saat hamil anda harus terus bermalas-malasan. Justru aktivitas seperti olahraga akan membantu merangsang kecerdasan bayi. Dengan berolahraga saat hamil, anda melepas hormon yang memlewati plasenta dan dapat membuat bayi memiliki perasaan yang baik selama 8 jam.

Pijatan Lembut Di Sekitar Perut

Bayi sudah bisa merasakan belaian di perut pada usia 20 minggu. Belaian yang dirasakan bayi ini dapat membantu menenangkan syaraf-syarafnya, lho. Bahkan, bayi juga bisa membedakan sentuhan ayah dan ibu.

Membacakan Cerita Pada Bayi

Pada usia trimester ketiga, bayi sudah bisa mengingat dan mendengar. Para ahli menganjurkan untuk membacakan cerita tertentu pada bayi di usia kandungan ini untuk merangsang kecerdasan.

Variasi Makanan

Melalui air ketuban, bayi di usia kehamilan 12 minggu sudah dapat merasakan rasa makanan yang anda konsumsi. Ia akan menyerap sekitar 2 liter air ketuban dalam satu hari. Makanan yang enak juga akan meningkatkan selera makan bayi di dalam kandungan.

Selera makan bayi berkembang saat kehamilan 12 minggu. Dan pada kehamilan 25 minggu, ia akan menyerap sekitar 2 liter air ketuban dalam sehari. Air ketuban memiliki rasa makanan yang Anda konsumsi.

Memperdengarkan Musik

Alunan musik yang diperdengarkan selama kehamilan akan memicu produksi serotonin yang dapat menenangkan bayi. Bahkan, selera musik anak juga bisa dibentuk sejak di dalam kandungan, lho.

Membaca Al-Qur’an

Berbagai penelitian membuktikan bahwa memperdengarkan musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Namun, memperdengarkan alunan ayat-ayat suci Al-Qur’an ternyata dapat memberi efek yang lebih baik daripada musik klasik. Perdengarkan juga bacaan ayat suci Al-Qur’an yang anda lantunkan sendiri untuk mempererat hubungan emosional dengan bayi.

Mengerjakan Soal Matematika Bersama Suami

Salah satu cara untuk mengasah kecerdasan bayi sejak dalam kandungan adalah mengasah kecerdasan anda sendiri bersama suami. Jadi, jika sedang ada waktu luang berdua, cobalah untuk menyelesaikan soal-soal matematika dari yang mudah hingga yang sulit.

Bernyanyi untuk Jabang Bayi

Selain mengasah otak bayi dengan memperdengarkan bebunyian yang baik, menyanyi untuk bayi dalam kandungan anda juga dapat mempererat ikatan emosional dengan si jabang bayi.

Tidak Stress

Tentu kita juga menginginkan agar anak dapat cerdas secara intelegensia dan juga secara emosional. Mengelola emosi selama hamil dan menghindari stress juga dapat membantu untuk melatih kecerdasan emosi anak.

(Visited 10,599 times, 11 visits today)