10 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bunda untuk Kurangi Anak Nonton TV dan Main Gadget

529 views
anak1

Dailymoslem – Anak-anak zaman sekarang rasanya begitu dekat dengan alat eletronik seperti gadget dan TV. Selain menyebabkan kesehatan anak terganggu, gadget dan TV juga bisa membuat anak malas bergerak dan menyebabkan obesitas. Selain itu, aktivitas nonton TV juga bersikap pasif sehingga anak tidak mendapat simulasi yang baik. Akibatnya, perkembangna kognitif, emosi dan sosialnya tidak optimal.

Ada banyak aktivitas yang bisa Bunda lakukan agar anak bisa sedikit berjauhan dengan gadget dan TV. Asalkan Bunda sunggu-sungguh mengajaknya bermain, anak pasti mau diajak bermain. Jangan sampai anak justru sibuk dengan gadget karena melihat contoh dari orangtuanya sendiri.

(Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Bertanya Tentang Asal-Muasal Allah?)

Nah, berikut ini 10 aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget dan TV.

Menggambar atau Melukis

Menggambar atau melukis bisa menjadi salah satu aktivitas favorit anak. Bunda dan si kecil bisa mencoba melukis dengan berbagai alat seperti pensil warna ataupun cat air. Bunda juga bisa melukis di berbagai media mulai dari gelas keramik, kain sampai kertas.

Pukul Balon

Meski sederhana, mainan ini pasti bisa membuat si kecil lupa pada gadget dan TV. Sedikit loncat-loncat untuk memukul balon juga bisa sekalian untuk mengajak si kecil berolahraga dan menghabiskan olahraganya. Ia pasti akan langsung terlelap setelah kelelahan.

Membuat Cerita

Untuk melatih kreativitas, coba ajak si kecil untuk membuat cerita versi mereka sendiri. Jika si kecil sudah terbiasa mendengar cerita dari orangtuanya atau dari buku cerita, dia pasti bisa cukup berimajinasi untuk membuat ceritanya sendiri.

Tebak Gambar

Membuat si kecil diam dalam satu aktivitas sederhana bukan tak mungkin dengan bermain tebak gambar. Buatlah gambar benda atau makhluk hidup dan biarkan si kecil menebaknya. Agar adil, beri kesempatan juga untuk si kecil untuk melakukan hal yang sama.

Membuat Peta

Belajar membuat peta bisa melatih ingatan dan kecerdasan otak anak. Ajak anak untuk membuat peta bersama-sama dari tempat-tempat yang paling familiar, misalnya rumah atau sekolah.

Main Kemah-Kemahan

Jangan takut rumah berantakan. Demi melatih imajinasi dan kreativitas si kecil, ajaka anak untuk membuat kemah-kemahan atau benteng dari selimut, bantal atau bangku-bangku yang ada di rumah. Selain itu, bisa juga membuat puppet show dengan menggunakan tangan dan cahaya senter.

(Baca juga: 9 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Seorang Hafidz)

Bermain Scrabble, Uno atau Ular Tangga

Permainan seperti scrabble, uno atau ular tangga juga tak pernah gagal membuat anak keasyikan. Jangan lupa siapkan juga peraturan yang seru untuk yang menang dan yang kalah.

Menanam Tumbuhan

Mungkin memang sedikit repot mengajak anak menanam tumbuhan. Mulai dari kotor-kotoran sampai tumbuhan yang belum tentu ditanam dengan benar. Namun, ada banyak pelajaran penting dari aktivitas ini. Kita bisa mengenalkan anak pada lingkungan, menambah pengetahuan anak mengenai proses pertumbuhan tanaman dan juga mengajarkan anak untuk membersihkan diri setelahnya.

Berenang

Selain menghabiskan banyak waktu, berenang juga merupakan salah satu cara untuk mengajak anak berolahraga dengan cara yang lebih menyenangkan.

Bersepeda

Sama seperti berenang, bersepeda juga merupakan cara mengajak anak untuk berolahraga yang menyenangkan. Bunda bisa mengajaknya bersepeda di pagi atau sore hari.

Now, ready to have fun with the kids?

(Visited 451 times, 1 visits today)