Tips Bersilaturahmi Pada Calon Mertua Saat Lebaran

1295 views
parcel untuk camer

Dailymoslem – Momen Lebaran seringkali dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat dan keluarga. Salah satu yang paling mendebarkan adalah silaturahmi dengan calon mertua. Untuk yang satu ini, kita harus meninggalkan kesan positif agar hubungan bisa berlangsung lancar sampai ke pelaminan.

Nah, untuk kamu yang masih deg-degan ketemu calon mertua, berikut ini tips-tipsnya agar silaturahmi dengan calon mertua bisa lebih smooth dan berkesan.

Luruskan Niat

Sebelum melangkahkan kaki ke rumah mertua, luruskan niat untuk bersilaturahmi dengan calon keluarga kita sendiri, bukan hanya sekedar mencari muka atau iseng saja. Kalau perlu, jika kamu laki-laki dan belum melamar calonmu, momen ini bisa menjadi momen yang tepat untuk melamarnya. Jangan lupa membaca do’a agar langkah kamu diridhoi Allah dan urusanmu dimudahkan. Kamu bisa membaca do’a yang dibaca nabi musa saat menghadapi fir’aun:

“Musa berkata, ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ [Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

Kenakan Pakaian yang Sopan

Bedakan cara berpakaian untuk ke mall dan bertemu mertua. Jika biasanya kamu mengenakan kaus dan jeans, coba pilih kemeja atau polo shirt dengan jeans yang berwarna gelap saat bertemu calon mertua. Sedikit berdandan dengan memakai minyak wangi juga boleh.

(Baca juga: 10 Tips Agar Tidak Menikahi Orang yang Salah)

Jujur Apa Adanya

Mengambil hati mertua boleh saja, tapi bukan berarti kamu melebih-lebihkan diri di depan mertua apalagi sampai mengatakan yang tidak benar tentang diri kamu. Jujurlah apa adanya, anggap mereka seperti orangtuamu sendiri, lakukan dengan ketulusan. Jika mereka adalah keluarga yang berhati lembut, mereka pasti menerimamu apa adanya. Insha Allah.

Sedikit Bicara, Banyak Mendengar

Mendengarkan berarti menghormati orang yang sedang berbicara dengan kita. Mungkin juga di momen ini calon mertuamu ingin menasihati kamu banyak hal tentang kehidupan berrumahtangga atau tentang pernikahan. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih dihormati dan merasa nasihat mereka diterima.

(Baca juga: Antara Sedekah dan Jodoh)

Bawa Bingkisan

Bingkisan atau oleh-oleh yang kita bawa untuk mertua hanya sebatas pemanis pertemuan saja, tidak perlu terlalu banyak dibahas saat mengobrol. Bisa-bisa mertua kamu menganggap kamu menyombongkan diri atau perhitungan. Di momen Lebaran, memberi parcel makanan sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebaiknya bawa makanan agar bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.

Anggap Keluargamu Sendiri

Setelah menikah nanti, tentu mereka akan menjadi orangtuamu juga dan keluarganya akan menjadi keluargamu juga. Jadi, anggaplah seperti sedang mengunjungi keluargamu sendiri. Tidak usah terlalu formal tapi juga tetap perhatikan kesopanan.

Nah, itulah beberapa tips untuk bersilaturahmi dengan calon mertua yang bisa kamu praktekkan. Mudah-mudahan momen Lebaran kali ini bisa menjadi momen yang tepat untuk menjalankan maksud baik kamu. Aamiin.

(Visited 3,195 times, 1 visits today)