Ketika Jodoh Tak Kunjung Datang, Apa yang Harus Dilakukan?

7498 views
Waspada Godaan Syaitan Saat Mencari Jodoh

Dailymoslem – Semua orang tentu ingin mendapatkan pasangan yang bisa menemani hingga hari tua, membangun keluarga yang selalu dimimpi-mimpikan. Tapi, apa yang harus dilakukan jika jodoh tak kunjung datang?

Jodoh, rezeki dan maut adalah rahasia Allah yang tidak bisa kita paksakan. Namun, setidaknya kita bisa memohon kepada Allah agar meridhoi apa yang kita inginkan, memohon untuk diberikan yang terbaik agar mendapatkan ketentraman dalam menjalani hidup.

Nah, jika jodoh tak kunjung datang, coba terapkan beberapa hal ini di dalam hati agar kita mendapat ketentraman.

Percaya akan takdir Allah

Allah telah menciptakan semua orang berpasang-pasangan, semua orang diciptakan dengan jodohnya masing-masing. Jika tidak di dunia, maka di akhirat. Percayalah kepada takdir yang telah digariskan oleh Allah, bahwa Allah tidak mungkin menimpakan keburukan pada kita kecuali ujian yang akan dibayarNya dengan keindahan jika kita bersabar. Apalagi jika kita terus tawakkal kepada Allah, insha Allah kebaikan bersama kita.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan, maka setelah kesulitan itu ada kemudahan (QS. Al-Insyirah: 5-6)

(Baca juga: 7 Alasan Perempuan Ingin Menikah Di Usia 25 Tahun)

Berserah diri kepada Allah

Pernikahan sejatinya dilakukan agar kita dapat menjalani hidup dengan tentram bersama pasangan. Namun, jika jodoh belum juga datang, hanya Allah-lah tempat kita untuk mendapatkan ketentraman.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Bersyukur atas segala nikmat yang diberi hingga saat ini

Ingatlah bahwa Allah akan memberi lebih kepada mereka yang bersyukurlah. Maka bersyukurlah atas segala nikmat yang telah dilimpahkan hingga saat ini. Insha Allah, dengan bersyukur Allah akan melimpahkan kepada kita nikmat yang lebih banyak.

Terus Memperbaiki Diri

Doa untuk mendapatkan jodoh yang terbaik akan lebih sempurna jika dibarengi dengan usaha untuk memperbaiki diri. Lelaki sholeh akan berpasangan dengan perempuan sholehah, begitu juga sebaliknya. Dengan terus memperbaiki diri, insha Allah kita juga akan mendapatkan jodoh terbaik yang kita impikan. Aamiin.

(Baca juga: Tak Perlu Panik Mencari, Jodoh Akan Datang Seiring Kita Memperbaiki Diri)

(Visited 10,003 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]