7 Tanda Bahwa Kamu Memang Siap Menikah, Bukan Hanya Ingin

262 views Leave a comment
7 Tanda Bahwa Kamu Memang Siap Menikah, Bukan Hanya Ingin

Dailymoslem – Melihat foto-foto dan video pesta pernikahan yang indah dan menyentuh di media sosial, siapa sih yang tak ingin? Mungkin sebagian besar dari kita sudah menginginkan untuk berada di pelaminan bersama sang belahan jiwa.

Tapi, benarkah kita sudah benar-benar siap menikah? Ataukah kita hanya ingin tanpa memiliki kesiapan yang cukup? Jika kamu sudah memiliki 7 tanda berikut ini, berarti kamu memang sudah siap dengan kehidupan pernikahan dan bukan hanya ingin.

Siap Menekan Ego

Setelah menikah nanti, hidupmu bukan lagi hanya tentang dirimu sendiri. Kamu harus meminta persetujuan pasangan untuk setiap keputusan, begitupun dengan pasangan kamu. Segala keputusan harus diambil berdasarkan kesepakatan bersama yang sudah didiskusikan. Kamu dan pasangan harus bisa menerima pendapat masing-masing dan mengutarakan pendapat dengan cara yang tepat.

Siap Berbagi

Berbagai hal dalam kehidupanmu mulai dari waktu, kebahagiaan, kesedihan, sampai makanan, bukan lagi menjadi milikmu sendiri melainkan harus kamu bagi bersama pasangan. Tak boleh lagi ada rahasia di antara suami atau istri dalam urusan rumah ataupun pekerjaan.

(Baca: Hal yang Biasanya Dirahasiakan Istri Dari Suaminya)

Kompeten Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Sebelumnya mungkin kamu masih ngendon di rumah orangtua dengan segala sesuatu yang sudah disiapkan orangtua. Setelah menikah, kamu harus bisa mandiri dan memulai hidupmu sendiri. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus memiliki kemampuan mengerjakan pekerjaan rumah agar hidup kalian tetap baik-baik saja.

Mampu Menyikapi Kelemahan Pasangan

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang perlu kita lakukan agar tidak menjadikan kelemahan tersebut masalah adalah menyikapinya dengan benar. Fungsi masing-masing dalam pernikahan tersebut adalah saling melengkapi kekurangan pasangan dengan saling menerima masukan.

Mapan Secara Agama

Ilmu agama sebagai bekal dalam menjalani hidup akan sangat dibutuhkan dalam pernikahan. Ilmu agama akan kita butuhkan untuk mendidik anak hingga menemukan jalan keluar untuk setiap permasalahan yang kita hadapi dalam kehidupan pernikahan kelak.

(Baca: Rahasia Harmonis Rumah Tangga Fatimah Az-Zahra dan Ali Bin Abi Thalib)

Kompeten Mendidik dan Mengurus Anak

Memiliki keturunan seringkali menjadi salah satu tujuan untuk menikah. Namun, mendidik dan mengurus anak merupakan amanah yang akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah kelak. Selain itu, memutuskan untuk melahirkan seorang anak berarti kita juga telah berkomitmen untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan pendidikan anak tersebut agar mendapatkan hal terbaik yang ia bisa dapatkan dalam hidupnya. Ingat, hal terbaik bukan berarti hal termahal, ya!

Menyadari Tanggung Jawab Pada Tuhan

Masing-masing kewajiban istri terhadap suami atau kewajiban suami terhadap istri akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah nantinya. Maka, niatkanlah di dalam hati bahwa tujuan kita menikah adalah untuk menyempurnakan ibadah. Bersama-sama meraih pintu surga dengan taat pada suami atau memuliakan istri. Insha Allah.

(Visited 2,362 times, 1 visits today)