7 Mitos Di Indonesia Tentang Jodoh dan Pernikahan, Percayakah Kamu?

1285 views
4 Tahapan Menuju Pernikahan dalam Islam

Dailymoslem – Indonesia memang termasuk negara yang masih memiliki banyak mitos, salah satunya adalah mitos tentang jodoh dan pernikahan yang banyak dipercayai orang. Mulai dari mitos untuk memudahkan jodoh sampai mitos-mitos yang bisa menghambat jodoh.

Berikut ini 7 mitos tentang jodoh dan pernikahan yang banyak dipercayai masyarakat Indonesia.

Tidak Menghadiri Undangan Orang = Menjauhkan Diri Dari Jodoh

Ada mitos yang mengatakan bahwa jika kita tidak menghadiri undangan orang maka akan menjauhkan diri dari jodoh. Well, tidak ada hubungannya menghadiri undangan orang dengan dekat atau jauhnya jodoh. Tapi, Rasulullah memang mengajarkan pada kita untuk terus menyambung tali silaturahmi, salah satunya dengan tidak pernah menolak undangan dari saudara sesama muslim.

(Baca juga: Makna dari Sakinah, Mawadah wa Rahmah)

Pilih Tanggal Pernikahan Harus Pakai Primbon

7 Mitos Di Indonesia Tentang Jodoh dan Pernikahan

Tak jarang juga para pengantin yang punya rencana menikah merumuskan tanggal pernikahan dengan primbon atau dengan bantuan orang pintar. Meski Rasulullah juga mencontohkan untuk menikah di bulan Syawal, namun pada dasarnya semua hari adalah baik untuk menikah. Yang pasti, jangan pilih hari pernikahan di hari sibuk atau hari kerja karena akan merepotkan tamu undangan untuk hadir.

Adik Tidak Boleh Melangkahi Kakak Menikah

Rzeki, jodoh dan maut adalah hak Allah yang tidak bsia diganggu gugat, juga hanya rahasia Allah. Jadi, jika si adik menemukan jodoh lebih dulu daripada kakaknya, tidak ada salahnya mendahulukan sang adik. Hal ini tidak akan sedikitpun mengubah takdir yang sudah Allah gariskan.

Mempercepat Jodoh dengan Mengambil Hiasan Bunga Melati Di Kepala Pengantin Secara Diam-Diam

7 Mitos Di Indonesia Tentang Jodoh dan Pernikahan

Waduh, mencuri melati pengantin secara diam-diam agar enteng jodoh? Mending pikir lagi deh, jangan sampai kamu keasyikan cabut melati sampai nggak sadar kalau kelakuan kamu sudah merusak riasan pengantin.

(Baca juga: 5 Tujuan Pernikahan Dalam Islam)

Keramas Hari Sabtu = Dapat Suami Ringan Tangan

Sesungguhnya pasangan kita adalah cerminan dari diri kita sendiri. Jadi, dapat jodoh yang baik atau buruk tidak bergantung pada hari keramas, melainkan pada diri kita sendiri.

Duduk Di Dekat Pintu Bisa Menghambat Datangnya Jodoh

Hm, larangan ini mungkin memang berguna karena dengan berdiri di depan pintu kita jadi menghalangi orang untuk lewat. Ya, berdiri di depan pintu memang bisa menghambat jodohmu untuk datang kalau di hari pernikahanmu kamu berdiri di depan pintu dan nggak mengijinkan calon suamimu masuk. Hihi.

Makan Sayap Ayam Bisa Menjauhkan Kita dari Jodoh

Sayap ayam sebenarnya tidak baik dikonsumsi karena alasan kesehatan. Bagian sayap pada ayam biasanya menjadi tempat disuntikkannya hormon pertumbuhan pad aayam, maka kamupun akan jadi mengonsumi hormon tidak sehat itu saat makan sayap ayam. Selain itu, sayap ayam juga mengandung lebih banyak lemak daripada protein.

Nah, itulah 7 mitos tentang pernikahan yang dipercaya oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Sebagai muslim, kita harus berhati-hati dalam menyikapi mitos-mitos semacam ini. Ingatlah, hanya kepada Allah-lah kita boleh mempercayakan hidup kita.

(Visited 1,573 times, 2 visits today)