10 Cara Agar Terhindar Dari Hubungan yang Haram Antara Laki-Laki dan Perempuan

876 views
muslim couple

Dailymoslem – Dalam Islam, hubungan yang dibenarkan antara laki-laki dan perempuan hanyalah hubungan pernikahan. Bagi para muslim dan muslimah muda, hal ini merupakan godaan terberat yang sulit dihindari.

Pertemuan lelaki dan perempuan yang disertai ketertarikan fisik dan sifat biasanya mudah untuk membuat mereka terseret ke dalam perasaan yang seharusnya hanya ada dalam pernikahan. Jika setelah ketertarikan tersebut kita masih belum mau memutuskan untuk menikah, maka sebaiknya kita menghindarkan diri dari hubungan haram antara lelaki dan perempuan.

Melepaskan diri dari jeratan ini adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Tapi, bukan berarti tidak bisa dilakukan, apalagi demi menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Berikut 10 hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari hubungan yang haram antara laki-laki dan perempuan.

Pahami betul bahwa apa yang kita lakukan tersebut memang tidak dibenarkan dalam Agama. Jangankan untuk berzina, untuk mendekati zina dengan berdua-duaan dengan lawan jenis saja Allah sudah melarang. Allah melarang kita untuk berbuat zina untuk kebaikan kita sendiri, agar kita bisa menjaga diri dan terhindar dari penyakit-penyakit yang mengerikan karena zina.

Jauhkan diri dari orang tersebut. Pesan-pesan singkat yang membuat kita tersenyum saat membacanya mungkin bisa menjadi pintu pertama yang menjerat kita ke dalam hubungan yang haram ini. Maka hentikan semuanya sebelum kita terjerat lebih jauh lagi.

(Baca juga: Agar Pasangan Mau Sama-Sama Mendekatkan Diri Kepada Allah)

Katakan padanya apa yang kamu maksud. Selain menjauh darinya, katakana juga padanya alasan kamu menjauhinya, bahwa kamu melakukannya karena Allah. Selain menghindari salah paham, dengan mengatakan maksud kamu juga Insha Allah kamu sudah mengingatkan sesama pada kebaikan dan mengajaknya pada kebaikan juga.

Biarkan cinta Allah mengisi hatimu. Hatimu tidak akan menjadi kosong dan hampa jika kamu meninggalkannya karena Allah. Kembalilah kepada Allah dan mohon jalan-Nya, nikmati setiap ibadah dan nikmati indahnya cinta Allah yang mengaliri hatimu.

Jangan pikir bahwa dia memikirkanmu. Salah satu alasan kamu memikirkannya bisa jadi karena kamu menebak-nebak apakah dia masih mengingatmu atau tidak. Serahkanlah segala sesuatunya kepada Allah. Jika memang dia memiliki perasaan sayang yang tulus kepadamu dan kalian jodoh, Insha Allah akan dipertemukan dengan jalan yang lebih indah.

Merasa berantakan? Coba lakukan kebaikan. Melepaskan sesuatu yang sedang kamu senangi memang tidak pernah mudah. Coba sertai dengan berbagai kebaikan seperti bersedekah, memperbanyak sholat malam dan memperbanyak puasa.

Cari kesibukan. Hal lain yang bisa membuat kamu lupa dengan perasaanmu yang kacau adalah mencari kesibukan. Coba gali bakatmu yang terpendam atau tekuni hobimu. Siapa tahu kamu justru bisa menemukan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Berkumpul dengan orang-orang yang mendukung. Sebagai makhluk sosial, terkadang lingkungan adalah faktor penting yang membuat kita nyaman akan sesuatu. Maka berkumpullah dengan orang-orang yang mendukung niat baikmu ini.

Mempelajari lebih dalam tentang pernikahan. Jika kamu sudah merasakan perasaan cinta pada lawan jenis namun belum siap dengan pernikahan, cobalah pelajari lebih dalam lagi tentang pernikahan hingga kamu punya pengetahuan yang cukup dan siap untuk menikah.

Menikah. Inilah satu-satunya jalan indah yang bisa membuat kita terhindar dari hubungan Allah. Karena perasaan kasih dan sayang kepada lawan jenis adalah fitrah manusia, ini merupakan anugerah dari Allah. Pernikahanlah yang bisa menjadikannya lebih indah. Insha Allah.

(Baca juga: Kenapa Banyak yang Menikah Setelah Lebaran?)

(Visited 1,233 times, 1 visits today)